Sabtu, 19 April 2014
Basil, Oregano, dan Bumbu Italia Lain
Sabtu, 12 November 2011 | 14:53 WIB
|
Share:
Shutterstock

Daun Basil bisa membuat masakan Italia menjadi lebih sedap dan khas

KOMPAS.com - Salah satu ciri khas makanan Italia adalah pada penggunaan keju dan rempah-rempahnya yang beraroma tajam dan harum. Bumbu apa sajakah yang bisa membuat masakan Italia menjadi sangat nikmat ketika disantap?

1. Basil. Daun bumbu yang satu ini memiliki aroma yang nyaris mirip dengan daun kemangi. Bentuknya pun mirip, meskipun teksturnya lebih tebal daripada daun kemangi. Biasanya daun basil ini digunakan untuk penambah rasa pada pasta, berbagai olahan ikan, atau salad.

2. Thyme (timi). Daun ini sebenarnya berasal dari Mesir. Batangnya kecil namun kokoh dan keras. Biasanya daun timi digunakan sebagai campuran dalam berbagai masakan seperti sup dan daging panggang. Dalam pembuatan kaldu sup, daun ini biasanya menyertai bawang bombay, wortel, daun bawang, dan peterseli.

3. Oregano. Disebut juga sebagai marjoram, bumbu ini biasa ditanam di kawasan Mediterania, Asia Tengah dan Selatan. Daun oregano segar sepintas mirip daun basil, namun memiliki aroma yang khas dan lebih tajam. Oregano bisa ditemukan dalam bentuk daun segar ataupun bubuk. Oregano bubuk lebih sering digunakan sebagai bumbu tambahan untuk pembuatan pizza dan spagheti.

4. Sage. Sage juga bisa digunakan dalam bentuk segar ataupun kering. Daun sage ini memiliki bentuk yang agak panjang dan termasuk dalam tanaman perdu. Rasanya sedikit pedas dan pahit, namun aromanya harum. Penambahan sage dalam masakan biasanya untuk menghilangkan aroma amis, dan menambah aroma harum pada olahan bakaran. Di Italia, sage biasanya digunakan sebagai taburan dalam sup minestrone dan Osso Buco.

5. Rosemary. Bumbu daun yang satu ini sangat mudah dikenali, karena memiliki bentuk yang runcing seperti daun cemara. Namun, aromanya tajam dan rasanya sedikit pahit. Daun ini sering dipakai sebagai pengharum sup, daging panggang, ataupun bumbu saus perendam.

6. Cilantro. Daun ini di Indonesia lebih dikenal sebagai daun ketumbar. Aromanya yang harum biasanya digunakan untuk menambah aroma masakan seperti sup.

* Dari berbagai sumber

 

Penulis :
Christina Andhika Setyanti
Editor :
Dini