Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/11/2011, 20:51 WIB

KOMPAS.com - Menciptakan rancangan berbeda dari biasanya merupakan tantangan sekaligus ujian kreativitas desainer busana. Namun tantangan menjadi lebih mudah diwujudkan, dengan hasil karya yang digemari masyarakat, jika ada impian besar di baliknya. Inilah yang dialami desainer muda Barli Asmara.

Di pekan mode Jakarta Fashion Week 2012, Barli mewujudkan mimpinya, menciptakan rancangan busana siap pakai untuk meningkatkan self esteem perempuan aktif, dengan harga terjangkau. Barli memberikan pilihan kepada perempuan yang ingin tampil sederhana tapi tetap cantik, mengenakan busana siap pakai rancangannya. Impian Barli pun disambut hangat merek kosmetik internasional The Body Shop.

The Body Shop berkolaborasi dengan Barli Asmara menghelat pagelaran busana bertema Flare of Beauty di JFW 2012. Kali ini Barli tampil tak biasa, melalui busana siap pakai yang simpel, ringan, namun tetap menonjolkan garis rancangnya yang feminin.

Koleksi sederhana yang ringan

Koleksi siap pakai berlabel Barli by Barli Asmara ini dirancang dengan potongan sederhana namun tetap menonjolkan keunikan. Seperti perempuan yang memiliki kelebihan juga keunikan di setiap pribadinya.

Busana bersiluet ringan dan flowy, yang juga menjadi ciri khas Barli menonjol dalam koleksi baru ini. Detil draperi dan unfinished seperti rancangan Barli pada umumnya juga tetap melekat namun diaplikasikan lebih ringan.

Pemilihan bahan katun, sifon, voile, satin print, katun linen, dan katun glitter dimaksudkan bukan hanya untuk memungkinkan terciptanya busana siap pakai yang lebih terjangkau. Pemilihan bahan ini juga terkait dengan faktor kenyamanan busana. Pasalnya, Barli menyasar perempuan aktif yang selalu mobile sepanjang hari sebagai pengguna utama busana siap pakai koleksi terbarunya ini. Karenanya, kenyamanan menjadi penting, selain busana yang cantik melekat di tubuh perempuan urban-modern.

"Bahan menyesuaikan iklim di Jakarta, dan menyesuaikan perempuan yang aktif. Tidak terlalu banyak aplikasi pada busana siap pakai ini, namun tetap berkesan cantik. Selain juga tidak terlalu banyak detil, untuk membedakan dengan koleksi couture Barli Asmara," kata Barli saat konferensi pers di Jakarta beberapa waktu lalu.

Debut pertama
Memulai sesuatu yang baru dan berbeda memang menimbulkan kekhawatiran. Barli pun demikian, ketika akhirnya memutuskan untuk merealisasikan keinginannya merancang busana siap pakai untuk digunakan harian atau sebagai busana kerja.

"Jujur, saya deg-deg-an dengan respons terhadap busana siap pakai ini," ungkapnya kepada Kompas Female.

Barli mengaku sudah lama menyimpan keinginan melakukan debut perdana di lini siap pakai ini. Tak mudah bagi perancang yang terbiasa mencipta busana made to order juga haute couture untuk menciptakan lini ready-to-wear. Namun bagi Barli, memproduksi busana siap pakai dengan kisaran harga mulai Rp 400.000 hingga Rp 2,5 juta, dengan label Barli dibaliknya, merupakan caranya mewujudkan mimpi perempuan.

Koleksi siap pakai Barli rencananya diluncurkan Maret 2012, bertepatan dengan ulang tahunnya. Nantinya, koleksi berlabel Barli by Barli Asmara ini tersedia di Metro Departement Store di Plaza Senayan.

Koleksi busana berlabel Barli by Barli Asmara ini tersedia dalam ragam pilihan model, seperti mini dress dan long dress berkesan feminin, celana panjang dipadukan atasan kasual, bolero, blazer, kemeja hingga jumpsuit. Beberapa koleksi busana siap pakai Barli ini cocok dikenakan sebagai busana kerja juga untuk busana kasual sehari-hari. Namun beberapa model dapat juga dikenakan untuk busana semi formal yang sederhana berkesan feminin.

Mewujudkan impian orang lain menjadi cara Barli berbagi, sekaligus menantang diri untuk melahirkan kreativitas dan mengembangkan bisnis fashion-nya. Sebelumnya, Barli mendukung desainer belia Rafi, anak dengan keterbatasan (tunarungu) yang mahir membuat sketsa. Rafi memproduksi busana dari sketsa yang dibuat Rafi.

"Saya membantu mewujudkan mimpi Rafi untuk menjadi desainer, saat merayakan ulang tahunnya yang ke-10 lalu," tutur lulusan Komunikasi Bisnis London School of Public Relations Jakarta ini.

Made to order

Tak hanya busana siap pakai yang diciptakan Barli untuk mewujudkan mimpi perempuan yang ingin memakai busana rancangannya. Barli juga menyediakan pilihan untuk busana made to order dengan biaya terjangkau.

"Busana made to order Barli terbagi dua. Khusus couture atau keperluan khusus seperti pernikahan atau evening gown dengan detil. Juga made to order dengan biaya terjangkau," katanya.

Ia menyebutkan, untuk kategori couture, rancangan Barli dibanderol mulai Rp 10 juta. Untuk memberikan pilihan kedua, busana made to order rancangan Barli juga bisa didapatkan dengan kisaran harga Rp 3,5-5,5 juta.

Ingin melihat galeri foto Jakarta Fashion Week 2012? Klik di sini:
Koleksi Ivan Gunawan
Koleksi Oscar Lawalata dan Justin Smith, The Culture Incarnation
Koleksi Shafira
Koleksi Biyan Wanaatmadja
Koleksi Danar Hadi
Koleksi para selebriti di sesi Grazia Glitz & Glam
Koleksi desainer ASEAN Ashley Isham, Bernard Chandran, Tube Gallery
Koleksi Blaire by Angie Blaire

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com