Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membentuk Ebi Tempura Menjadi Lurus

Kompas.com - 21/11/2011, 15:42 WIB

KOMPAS.com - Membuat tempura memang tak begitu sulit, namun untuk mendapatkan hasil tempura yang cantik pasti ada cara tertentu yang dapat dilakukan, terutama untuk membuat tempura udang atau ebi tempura.

"Ebi tempura yang bagus adalah udangnya harus lurus, tidak boleh bengkok," ungkap Chef Koesriandi Firdaus, dalam acara media gathering pembuatan sushi di Sakura Japanese Restaurant, Jakarta Selatan, Senin (20/11/2011).

Untuk menghasilkan bentuk udang yang lurus, ada hal trik yang dapat dilakukan. Setelah udang jerbung (udang besar) dikupas dan dibersihkan, belah bagian punggungnya untuk mengeluarkan kotorannya. Kemudian sayat-sayat sedikit bagian perutnya di beberapa bagian, namun jangan menyayatnya terlalu dalam karena akan merusak bentuk udang.

Setelah bagian perutnya disayat, udang ini harus ditekan-tekan sebentar dengan gerakan mirip dipijat. "Udang harus dipijat-pijat sebentar sambil diluruskan, agar bisa berbentuk lurus dan lemas," tambahnya.

Pemijatan udang ini akan membuat urat-urat udang yang membengkok putus sehingga mudah dibentuk lurus. Setelah udang lemas, maka udang pun siap diolah menjadi tempura yang renyah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com