Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imajinasi Liar 8 Desainer Muda

Kompas.com - 01/12/2011, 23:20 WIB

KOMPAS.com - Selama enam hari, pameran seni rupa kontemporer PMR Cube berlangsung di atrium Sampoerna Strategic Square Jakarta. Ini bukan pameran seni yang biasa. Pasalnya, desainer busana muda dan bertalenta, turut menuangkan ide dalam instalasi fashion tanpa peragaan busana.

Desainer kenamaan Indonesia, Sebastian "Seba" Gunawan, selaku kurator fashion di pameran ini memastikan, ada delapan desainer yang berani menampilkan instalasi fashion.

"Dari sembilan desainer yang merespons positif kegiatan ini, ada delapan yang akhirnya menampilkan karyanya dalam pameran," kata Seba kepada Kompas Female di sela pembukaan pameran, Kamis (1/12/2011).

Delapan desainer muda yang berani unjuk gigi dengan imajinasi kreatifnya adalah Andreas Odang, Adesagi Kierana, Barli Asmara, Deden Siswanto, Didit Hediprasetyo, Jeffry Tan, Sapto Djojokartiko, Steven Huang.

Menurut Seba, pameran produk fashion di kegiatan seni rupa kontemporer dapat menjadi pilihan cara berpromosi dan membangun citra berbeda sosok desainer.

"Keterlibatan desainer dalam acara ini juga menunjukkan desainer muda Indonesia punya konsep dalam mendesain, bukan hanya tukang jahit atau merancang busana made to order," jelas Seba seusai jumpa pers.

Desainer yang terlibat dalam pameran seni rupa ini ditantang untuk menghadirkan fashion dalam konsep berbeda. Mereka harus memikirkan rangkaian cerita, memiliki konsep dan nilai seni dalam produk fashion yang mereka pamerkan.

Para perancang berbeda karakter ini, baik yang eksentrik, kontemporer atau perancang yang terbiasa medesain baju cantik, harus membawakan fashion dengan gaya pameran seni kontemporer.

"Perbedaan utamanya terletak pada konsep display," kata Seba membandingkan konsep fashion dalam pameran seni dan panggung mode. Delapan desainer ini nyatanya memang menghadirkan pertunjukkan baru yang menyegarkan dengan imajinasi "liar".

Beberapa membawakan koleksi baru khusus untuk pameran seni rupa, sebagian lagi menampilkan koleksi lama yang ditampilkan berbeda. "Para desainer muda ini menampilkan satu sampai tiga busana yang memberikan satu kesatuan jalinan cerita seni kontemporer," kata Seba.

Imajinasi desainer busana

Adesagi misalnya, ia sengaja merancang satu gaun khusus untuk pameran ini. Desainer yang merancang konsep instalasi hanya dalam tiga hari ini memberi judul karyanya "Drowning In Your Love".

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com