Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Perlu Minum Teh Hijau Sebelum Olahraga?

Kompas.com - 10/12/2011, 08:28 WIB

KOMPAS.com — Sudah sejak lama, teh hijau dikenal memiliki sejuta manfaat, mulai dari kesehatan sampai kecantikan. Berikut beberapa manfaat lain dari teh hijau jika dikonsumsi secara teratur.

1. Menghindari penyakit
Teh hijau merupakan antioksidan yang kuat dan terbukti dapat mengurangi serangan kanker paru-paru, kanker prostat, kanker kulit, stroke, dan serangan jantung. Untuk menambahkan tenaga ekstra ketika mengonsumsinya, tambahkan perasan air jeruk lemon. Kandungan flavonoid dalam teh hijau ternyata bisa memerangi virus hepatitis C.

2. Menurunkan kolesterol dan tekanan darah
Tiga cangkir teh hijau sehari bisa memberikan antioksidan yang dibutuhkan tubuh untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

3. Menurunkan berat badan
Mengonsumsi secangkir teh hijau sebelum melakukan olahraga terbukti bisa mempercepat penurunan berat badan dan pembakaran lemak. Sebuah penelitian membuktikan bahwa kafein mampu membebaskan asam lemak sehingga Anda bisa membakar lemak jauh lebih mudah. Antioksidan dalam teh juga bekerja sama dengan kafein untuk membantu Anda membakar kalori lebih banyak.

4. Menghilangkan alergi
Sebuah penelitian di Jepang menemukan bahwa teh hijau mengandung senyawa EGCG yang akan membuat tubuh terbebas dari reaksi alergi terhadap debu, bulu binatang, sampai alergi serbuk sari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com