Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keriput Berkurang Berkat Mengubah Pola Makan

Kompas.com - 12/12/2011, 15:27 WIB

KOMPAS.com - Setiap perempuan pasti sangat menginginkan wajah yang mulus dan bebas kerutan. Salah satu jenis diet, yaitu face diet, bisa dilakukan untuk menghasilkan wajah yang bebas kerutan seperti yang Anda harapkan.

Face diet ini lebih menekankan pada pentingnya menjaga asupan makanan bagi kulit untuk menghilangkan kerutan dan penuaan dini. Diet ini sudah dilakukan oleh aktris Eva Mendes. Dengan melakukan face diet ini selama tiga hari, Anda akan mendapatkan kulit yang kencang, bercahaya, dan bebas kerutan.

Ahli dermatologi Amerika, Dr Nicholas Perricone, mengatakan bahwa face diet ini bisa dilakukan dengan mengontrol pola dan nafsu makan, serta menghindari beberapa jenis makanan dan minuman. Perricone percaya bahwa konsumsi alkohol, gula, garam, dan kopi akan membuat peradangan di kulit, dan memicu penuaan dini. Ia pun menganjurkan untuk mengurangi asupan tersebut dan menggantinya dengan berbagai makanan yang bisa meningkatkan kesehatan kulit seperti minyak omega 3 dan antioksidan, yang melindungi membran sel-sel kulit di sekitar wajah dan membantu mempertahankan kelembaban kulit.

Ia juga merekomendasikan untuk mengonsumsi banyak air putih karena selain baik untuk kesehatan tubuh dan pencernaan, air putih juga terbukti mampu melembabkan dan menyehatkan kulit. Dalam tiga hari ini Anda disarankan untuk banyak mengonsumsi daging ikan salmon, sayuran hijau, buah, dan kacang-kacangan. Semua makanan ini memiliki antioksidan dan asam lemak yang bergizi tinggi. Selain itu, kurangi juga asupan garam, gula, kafein, gandum, dan wine dari daftar menu Anda.

Pola makan yang dianjurkan antara lain tiga buah telur dadar atau omelet, ikan salmon, dan semangkuk kecil bubur, serta buah untuk sarapan. Salad salmon dan buah untuk makan siang, ikan salmon, sayuran hijau, dan buah untuk makan malam. Kurangi juga konsumsi kafein, karena kandungan kafein yang terlalu banyak dalam darah bisa melebarkan pembuluh darah dan membuat kulit terlihat memerah.

Dengan diet ini wajah bisa terlihat lebih cerah, dan sehat. Namun, menurut dermatolog Dr Sam Bunting dari Harley Street, " Butuh waktu enam minggu untuk melihat perbedaan pada kulit sehingga sebenarnya tiga hari sangat kurang untuk bisa melihat perubahaannya. Meski demikian menghindari konsumsi garam berlebih akan membantu mengurangi retensi air berlebihan."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com