Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membersihkan Noda Cat di Lantai Parket

Kompas.com - 13/12/2011, 15:46 WIB

KOMPAS.com - Lantai parket kayu memang mampu membuat sebuah ruangan tampil elegan. Namun, cantiknya lantai jenis ini bisa berubah tidak sedap dipandang saat kita melakukan pengecatan ulang ruangan. Karena bukan tak mungkin, noda cat menempel dan susah dihilangkan.

Sebetulnya, lantai parket mudah untuk dirawat. Hanya dengan membersihkan secara rutin, kecemerlangan lantai bisa tetap terlihat, bahkan seringkali tampak terlihat lebih menawan. Tapi, bagaimana kalau parket terkena noda cat? Simak tips berikut ini: 

- Usahakan menggosok lantai dengan lap yang sedikit basah. Cara ini cukup ampuh untuk menghilangkan sisa cat yang masih basah. Setelah itu, lap kembali dengan lap kering sehingga yang tersisa hanya cat kering yang menempel.

- Gunakan pisau jenis cutter untuk mengikis tipis sisa-sisa cat yang masih menempel secara perlahan hingga cat itu terkikis. Lakukan dengan hati-hati supaya tidak merusak permukaan kayu. Untuk itu, usahakan yang dikikis hanya bagian melamin pelapis kayunya.

- Setelah noda cat hilang, gosok kembali lantai dengan menggunakan lap yang sudah diberi alkohol. Pakai sikat gigi bekas untuk menggosoknya dan sikat secara bergantian hingga lapisan melamin terlihat rata.

- Tunggu 30 menit, kemudian Anda bisa melap kembali lantai parket Anda dengan lap bersih.

Kini, silahkan menikmati kembali lantai Anda yang bersih seperti sedia kala!

(Indra Zaka Permana)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com