Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesona Aksen Tumpuk dari Up2Date

Kompas.com - 16/12/2011, 06:00 WIB

KOMPAS.com - Selain untuk menutupi tubuh dengan busana sesuai kaidah muslim, perempuan muslim Indonesia tampaknya memang ingin mengikuti tren mode. Untuk membuktikan bahwa busana muslim juga bisa tampil trendi, Up2date menggelar fashion show yang bertajuk Featurustic 2012. "Kami ingin membuktikan bahwa busana muslim juga bisa seperti busana lainnya yang bisa jadi tren di tahun depan," ungkap Nita Damayanti, Direktur Utama Trimoda Up2date, menjelang show di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (15/12/2011).

Tema Featurustic sendiri merupakan sinergi dari kata feature, future, dan rustic, yang memiliki arti penggabungan beberapa unsur modern dan unsur tradisional dalam padu padan busananya. Pembauran sinergi dua unsur yang sebenarnya sangat bertolak belakang seperti timur dan barat, masa depan dan masa lampau, kayu dan semen, urban dan rustik, ternyata memberikan suatu sentuhan gaya yang harmonis dan terlihat tetap modis.

"Ini sesuai dengan tren busana dunia, yaitu remix urban, namun kali ini diaplikasikan pada busana muslim," tambahnya.

Pilihan kain tradisional
Sebanyak 48 rancangan busana muslim yang ditampilkan kali ini lebih mengacu pada gaya busana siap pakai dan bernuansa kasual. Uniknya, corak baru yang dihadirkan Up2date kali ini lebih bernuansa sentuhan batik remek, kain jumputan (tie dye), dan batik cap modern. Batik remek dihadirkan untuk menambah perbendaharaan jenis motif batik katun yang cantik saat dipadukan dalam busana muslim.

"Batik jumputan ini dibuat sendiri, difokuskan pada satu sisi, misalnya di bagian pundak agar tubuh si pengguna tak terlihat lebih besar," ujar Nita.

Siluet busana cantik khas Indonesia juga dihadirkan dalam kebaya kutu baru, baju bodo, kebaya kurung, dan rok, yang terinspirasi dari modifikasi kain lilit namun dengan modifikasi sentuhan modern di beberapa sisinya. "Pemilihan bahan kainnya sendiri merupakan bahan kain katun organik yang ramah lingkungan," tukasnya.

Pesona aksen tumpuk
Dalam koleksi busana yang ditampilkan Up2date, ada satu ciri khas yang menjadi benang merahnya, yaitu adanya aksen tumpuk. Konsep tumpuk ini ternyata bermaksud untuk memberikan kebebasan kepada si pengguna untuk bebas berkreasi dengan busananya. Ada banyak pilihan padupadan yang ditawarkan, mulai gamis sampai rok panjang yang ditumpuk dengan kardigan asimetris, kutu baru asimetris, bolero, blus, sampai tunik panjang yang dipadu dengan semburat corak batik.

Busana muslim tak hanya identik dengan gamis atau rok panjang saja, karena ternyata kombinasi celana rok sampai celana panjang juga bisa tampil memukau. Potongan celana panjang yang trendi seperti celana palazzo, jumpsuit, sampai celana harem juga bisa tampil indah.

Meski demikian, pakaian yang serba panjang ini terlihat nyaman karena penggunaan bahan kaos baik untuk busana luar, tumpuk, dan kerudung. Potongan busananya juga dibuat dengan desain yang ringan sehingga memberikan keleluasaan bergerak.  Tekstur kain yang melambai dan menjuntai pun dihadirkan dengan sempurna melalui pemilihan bahan organdi, katun slub, jersi, katun rayon, spandeks, sampai linen.

Paduan warna dan motif ringan dan cenderung kecil-kecil ternyata membuat busana terlihat proporsional di tubuh si pemakai. Kali ini Up2date juga tampil lebih berani dalam pemilihan warna. Jika biasanya label ini lebih banyak menonjolkan warna abu-abu dan hitam, kini tampil beberapa pilihan warna seperti merah jambu, hijau botol, koral, coklat, biru laut, merah marun, khaki, dan salem, sehingga terkesan lebih berwarna dan modern.

"Tak ketinggalan juga ada pilihan warna oranye sebagai tren warna 2012, yang turut dihadirkan dalam pilihan busana muslim Up2date kali ini," pungkas Nita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com