Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Saya Sulit Bergaul?

Kompas.com - 19/12/2011, 10:51 WIB

TANYA :

Dok, senapa saya merasa sangat susah untuk menjadi orang yang sosialis. Diri saya sangat tertutup dan merasa sangat sulit untuk memiliki teman. Keluarga saya sadalah keluarga “broken home”, orangtua sering bertengkar di depan anak, itu saya saksikan sejak kecil, dan sampai usia saya 17 tahun. Saya tidak pernah mau keluar rumah,  takut diolok-olok karena kondisi keluarga. Apakah kondisi tersebut menyebabkan saya sampai saat ini menjadi susah bersosialisasi dan berteman? Apa yang saya harus lakukan ?

(Nita Febri, 21)

JAWAB :

Nita yang baik,

Sulit bergaul dan tertutup memang sering disebabkan karena banyak faktor. Salah satunya adalah ketidakpercayaan diri terkait dengan citra diri yang rendah. Kondisi ini bisa disebabkan karena pengalaman traumatik masa kecil di mana anak seringkali mengalami tekanan-tekanan atau kurangnya asupan emosional yang membuat nyaman dirinya.

Orang tua yang sering berkelahi membuat asupan emosional ini semakin berkurang  karena orang tua lebih sibuk dengan pasangannya masing-masing dan suasana perasaan emosional di dalam rumah selalu dalam kondisi yang tidak menyenangkan. Keadaan ini bisa membuat si anak merasa rendah diri, pemalu dan kurang percaya diri. Kondisi tidak menyenangkan di masa kecil memang sering terbawa sampai usia dewasa.

Apalagi, jika resolusi diri sendiri tidak mampu mengangkat diri sendiri menjadi orang yang lebih baik. Saat ini, Nita sudah dewasa dan sudah lebih mengetahui yang terbaik buat diri Nita. Belajar mempercayai orang lain dan mau sedikit terbuka dengan orang lain adalah salah satu cara yang bisa memudahkan bersosialisasi dan berteman. Tidak perlu dibayangi terus dengan trauma masa kecil karena semua sudah berlalu. Semoga bisa membantu.

Salam Sehat Jiwa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com