Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Jaga Pola Makan Kala Liburan

Kompas.com - 29/12/2011, 10:10 WIB

KOMPAS.com - Perayaan atau pesta biasanya sangat lekat dengan makanan. Maka tak aneh kalau di setiap perayaan apapun misalnya Natal dan Tahun Baru  akan tersedia banyak makanan yang menggoda selera. Selain makanan, perayaan besar ini juga identik dengan hari libur. Meski begitu, tak ada alasan untuk ikut-ikutan 'libur' diet dan menjaga pola makan sehat Anda.

Jangan sampai liburan dan berbagai perayaannya ini "mendikte" nafsu makan Anda. Berikut beberapa tips untuk tetap menjaga pola makan sehat Anda selama liburan.

1. Sedia makanan sehat setiap saat.

Ketika menghadiri pesta liburan bersama keluarga, atau merayakan kumpul keluarga, tak ada salahnya membawa sendiri berbagai makanan sehat untuk dimakan bersama. Tidak harus sayuran atau buah, tapi juga beberapa jenis makanan sehat lainnya seperti sayuran panggang, keju rendah lemak. Jika tak dimakan bersama keluarga, maka santaplah sedikit makanan sehat ini sebelum menyantap makanan lainnya. Intinya adalah mengisi perut Anda dengan makanan sehat pertama kali, baru kemudian dengan makanan lain. Atau jika tidak memungkinkan untuk membawa makanan tersebut, maka makanlah makanan kecil yang sehat misalnya sup sebelum Anda pergi pesta.

Hal ini bertujuan agar perut Anda sudah sedikit penuh sehingga Anda tidak makan terlalu banyak. Selain juga sebagai bantuan untuk mengontrol diri Anda agar tak makan terlalu banyak. Paling tidak pilihlah maksimal 2-3 jenis makanan lainnya untuk menjaga nafsu makan. Jangan lupa bahwa minuman juga memiliki kalori juga. Dan cara yang paling ampuh untuk mengontrol nafsu makan adalah jangan berdiri terlalu lama berdiri dekat meja makan.

2. Hindari hadiah permen dan kue.
Seringkali perayaan tahun baru ini diwarnai dengan acara bertukar hadiah. Tak jarang, beberapa hadiah yang ini berisi sekotak permen, kue, biskuit atau malah kupon makan di restoran. Jika memungkinkan, maka sebaiknya sebelum bertukar kado, jelaskan terlebih dahulu program pola makan sehat yang sedang Anda jalankan. Kalau cara tersebut tidak memungkinkan, maka sebaiknya jangan ragu untuk membaginya dengan orang lain agar Anda tak menyantapnya terlalu banyak. Untuk mengurangi kalori dari makanan tersebut, lakukan saja olah tubuh ringan seperti membantu membersihkan peralatan makan untuk membakar kalori Anda.

3. Rayakan dengan kegiatan lain.
Meski pesta liburan identik dengan makanan, namun tak selamanya merayakan liburan dan perayaan ini harus dengan makan besar atau makan di restoran. Isilah liburan bersama ini dengan cara lain seperti berolahraga bersama, bersepeda, rekreasi, liburan ke luar kota dan lainnya. Karena pada intinya perayaan atau liburan ini adalah kebersamaan dengan keluarga. Dengan demikian, liburan dan perayaan bisa dirayakan dengan lebih sehat.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com