Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Makanan Pemberantas Lemak Perut

Kompas.com - 04/01/2012, 08:55 WIB

KOMPAS.com - Semua perempuan pasti mendambakan memiliki tubuh yang langsing dan tumpukan lemak di perut yang tipis. Tak jarang untuk menghilangkan lemak di perut ini berbagai diet ketat dilakukan. Padahal, ada langkah yang lebih mudah untuk menyingkirkan lemak perut tanpa harus kelaparan. Salah satu langkahnya adalah banyak mengonsumsi makanan yang punya daya pembasmi lemak perut. Berikut tujuh di antaranya.

1. Oatmeal. Menyantap oatmeal saat sarapan mampu menambah asupan serat dalam tubuh Anda. Kandungan serat bisa mengurangi tingginya kadar gula darah dalam tubuh. Memulai hari dengan mengonsumsi oatmeal bisa membantu Anda mengurangi camilan yang masuk ke dalam tubuh karena efek kenyang lebih lama yang dihasilkannya. Anda juga akan mendapatkan asupan protein, vitamin, dan mineral yang diperlukan untuk menurunkan berat badan.

2. Sayuran. Sayuran mentah adalah sumber serat dan antidoksidan yang baik. Dengan mengonsumsi banyak sayuran, Anda bisa mengisi perut tanpa meningkatkan asupan kalori. Makan berbagai sayuran, terutama sayuran hijau, akan menyediakan berbagai nutrisi penting termasuk kalsium, magnesium, protein, zat besi, kalium, vitamin C, vitamin A, dan vitamin B.

3. Daging tanpa lemak. Sumber protein seperti daging tanpa lemak merupakan salah satu asupan makanan paling penting dalam program penurunan berat badan. Hindari olahan daging instan, dan fokuslah pada daging tanpa lemak yang diolah sendiri. Selain itu daging putih seperti ayam dan ikan juga bisa jadi pilihan.

4. Gandum. Gantikan makanan yang mengandung tepung terigu dengan yang mengandung tepung gandum (whole grains). Tepung gandum mengandung banyak serat, asam folat, vitamin E, magnesium, dan semua zat yang diperlukan untuk melawan lemak perut.

5. Telur. Cara mudah lainnya untuk mengurangi lemak perut adalah mengonsumsi protein. Dan, telur merupakan salah satu makanan dengan kandungan protein yang tinggi. Telur juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin B12 yang membantu tubuh membakar lemak.

6. Olive oil. Lemak sehat adalah bagian penting dalam tubuh untuk menghancurkan lemak perut. Salah satu penghasil makanan yang mampu menghasilkan lemak sehat dalam tubuh (lemak tak jenuh tunggal) adalah olive oil. Tambahkan sedikit olive oil ke dalam sayuran atau salad, agar lebih enak dimakan, sekaligus untuk membakar lemak perut di saat yang sama.

7. Kacang. Kacang juga merupakan salah satu penghasil lemak sehat dalam tubuh. Namun Anda tetap harus berhati-hati dalam menyantapnya karena kacang mengandung banyak kalori akibat proses penggorengannya. Kacang mengandung protein yang bisa membakar lemak, mengandung serat, vitamin, dan mineral. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com