Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Memilih Pengasuh Anak untuk Pasangan Muda

Kompas.com - 12/01/2012, 03:50 WIB
Oleh: Bidan Care
Kompasiana:  Bidancare
Pengasuhan anak menimbulkan masalah tersendiri dalam keluarga baru. Bukan hal yang sepele manakala keluarga muda dan masih belum berpengalaman berhadapan dengan situasi ini. Bagi pasangan suami istri yang keduanya aktif bekerja tentu membutuhkan peran pengasuh sementara pada saat bayi ditinggalkan bekerja.
Pilihan yang terbaik adalah orangtua, kerabat atau sanak keluarga dekat yang bersedia tinggal bersama di rumah untuk membantu pengawasan dan pengasuhan anak. Namun bagaimana bila kondisi tersebut tidak memungkinkan?
Sebelum menggunakan jasa peng­asuh bayi, pertimbangkan hilangnya momen-momen penting perkembangan bayi, kurang optimalnya stimulasi perkembangan bayi dan kemungkinan pengasuh akan lebih dekat dengan bayi.
Pada kondisi ekonomi keluarga yang cukup mapan, maka salah satu pilihan adalah ibu untuk sementara keluar dari pekerjaan dan memprioritaskan perkembangan sang anak. Keputusan ini tentu lebih baik bagi bayi. Namun prakteknya tidak semudah itu. Lebih banyak yang menyarankan pengunduran diri alias berhenti bekerja selamanya.
Cara lain adalah dengan berbagi waktu pengasuhan anak antara suami dan istri. Hal ini dapat dilakukan bila jadwal pekerjaan di kantor suami mempunyai sistem ganti jam dinas tertentu yang bisa bergantian dengan istri.
Bila harus menggunakan jasa pengasuh anak, perhatikan hal-hal berikut:
• Pilih penyedia jasa pengasuh anak resmi yang mempunyai reputasi baik dalam pelayanan.
• Pastikan pihak penyalur bertanggungjawab atas perilaku pengasuh bayi.
• Sebelum membawa pengasuh bayi ke rumah, lakukan wawancara singkat di tempat penyalur.
• Pastikan pengasuh bayi cukup terampil, telaten merawat bayi, mempunyai kemampuan dasar untuk mendukung kemampuan tumbuh-kembang anak, jujur dan sopan dalam tutur kata.
• Simpan kopi KTP pengasuh bayi dan minta nomor kontak keluarganya.
• Jangan menyerahkan semua aspek pengasuhan dan perawatan anak kepada pengasuh bayi, selalu berkomunikasi dan tanyakan keadaan bayi setiap saat.
Selengkapnya: http://kom.ps/mzwU
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com