Kamis, 24 Juli 2014
Agar Sukses Membuat Es Puter
Minggu, 15 Januari 2012 | 09:17 WIB
|
Share:
Shutterstock

Untuk menghasilkan es krim yang nikmat dan lembut, perhatikan perbandingan bahan pembuatnya.

KOMPAS.com - Rasa es krim memang sangat nikmat dan menyegarkan. Dengan teksturnya yang lembut dan terasa dingin di tenggorokan membuat es krim disukai banyak orang.

Sekarang ini sudah banyak tersedia bahan es krim instan yang bisa mempermudah Anda dalam membuatnya. Namun salah satu jenis es krim yang paling populer di Indonesia adalah es krim jenis es puter atau yang lebih dikenal dengan es dung dung.

"Bahan utama pembuatan es puter atau es dung dung ini tidak seperti es krim lainnya yang berbahan dasar susu, namun es puter ini berbahan dasar santan kelapa," ungkap Chef Sandra Djohan dalam acara Wall's Dung Dung di restoran Demang, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Selain santan, bahan lainnya yang digunakan adalah gula pasir, tepung hun kwee, tepung sagu, tepung kanji, garam halus, air matang, es batu dan garam kasar. "Untuk mengeraskan dan mendinginkan adonan es, digunakan es batu. Dan dengan teknologi tradisional menggunakan bantuan garam agar es tidak mudah mencair," tukasnya.

Untuk membuat es puter ini, ada beberapa tip dari chef Sandra agar es puter yang dihasilkan memiliki tekstur yang lembut, dan rasa yang enak.

1. Santan. Sebagai bahan utama, santan memegang peranan penting dalam pembuatan es ini. Sebaiknya, saat membuat es krim ini gunakan santan yang diperas dengan menggunakan air matang. Memeras santan dengan menggunakan air matang ini bertujuan agar santan yang dihasilkan ini lebih kental dan bisa langsung digunakan tanpa direbus terlebih dulu.

2. Perbandingan santan dan gula pasir. Salah satu yang harus diperhatikan dalam membuat es puter ini adalah dengan memiliki perbandingan jumlah yang tepat agar menghasilkan rasa manis yang pas. Es krim tidak akan memiliki rasa yang enak jika terlalu manis ataupun tidak manis. Gunakan perbandingan 2 : 1 antara santan dan gula pasir dari jumlah total yang digunakan.

3. Perbandingan tepung. Selain santan, dan gulam tepung juga jadi bagian penting dalam pembuatan es puter ini. Ketiga tepung yang digunakan dalam  resep pembuatan es puter ini agar menghasilkan tekstur yang lembut, sedikit kenyal dan memiliki butiran yang halus. Gunakan perbandingan 3 : 1 : 2 antara tepung hun kwee, tepung sagu, dan tepung kanji.

 


Penulis :
Christina Andhika Setyanti
Editor :
wawa
BERITA LAIN: