Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanda Anda Belum Siap Pacaran Lagi

Kompas.com - 20/01/2012, 14:42 WIB

KOMPAS.com - Putus cinta bukanlah akhir dari segalanya. Maka ketika mengalami putus cinta, sedih yang dirasakan jangan terlalu lama disimpan dalam hati. Anda harus melanjutkan kehidupan Anda, dan meluangkan waktu untuk menata kembali hati Anda sebelum menerima cinta yang baru. Sayangnya karena khawatir keduluan si mantan mendapatkan pasangan baru, seringkali Anda memaksakan diri untuk menerima seseorang meskipun Anda sebenarnya belum siap untuk memulainya.

Sebenarnya, ada beberapa tanda yang bisa menunjukkan bahwa Anda sebenarnya belum siap memulai hubungan baru. Kenali tanda-tanda tersebut, agar Anda tidak terjebak dalam hubungan yang salah.

1. Memikirkan mantan Anda. Tidak mudah memang melupakan seseorang yang pernah mengisi hati Anda. Namun ketika Anda masih memikirkan mantan setiap hari, entah itu bertanya-tanya apakah ia bersama perempuan lain, atau berharap ia akan menyesali keputusannya, atau menyimpan dendam kepada mantan setiap harinya, ini berarti bahwa Anda belum siap untuk berkencan lagi dengan orang lain.

2. Membicarakan mantan. Ketika berkencan dengan orang lain, tanpa sadar Anda kerap membicarakan mantan kekasih Anda. Anda sering membanding-bandingkan pasangan baru dengan sang mantan saat curhat dengan teman, atau membicarakan kebaikan dan keburukan mantan kepada kekasih baru Anda. Hal ini jelas akan membuat pasangan baru Anda tersinggung dan merasa disepelekan. Ia akan tahu Anda masih memikirkannya setiap hari, dan belum sungguh-sungguh membuka hati sepenuhnya pada dirinya.

3. Terburu-buru memilih pasangan. Ketika Anda bercerai, tidak peduli seberapa besar keinginan Anda untuk berpisah, pasti butuh waktu untuk menata hati dan memulihkan diri. Dan memulihkan diri akan terjadi dalam hitungan bulan, bukan hari atau minggu. Jadi, jangan sampai bila dalam hitungan hari atau minggu dan Anda tak kunjung punya pasangan, akhirnya Anda menerima siapa saja yang tertarik pada Anda. Rata-rata orang membutuhkan waktu minimal satu bulan atau lebih untuk bisa pulih dari sakit hati.

4. Takut tidak punya pasangan
. Banyak orang ketika putus cinta atau bercerai memiliki pikiran bahwa mereka tidak bisa hidup tanpa pasangan, sehingga akhirnya asal memilih pasangan. Mungkin Anda berprinsip, yang penting Anda punya pasangan, dan mumpung ada yang berminat. Artinya, Anda menerima sosok baru ini karena kebutuhan, bukan karena cinta. Mengharapkan memiliki seseorang hanya untuk membahagiakan dan memuaskan Anda sendiri tanpa berpikir tentang perasaannya adalah awal dari kehancuran hubungan.

5. Takut keduluan si mantan.
Saat sudah putus atau bercerai, banyak orang yang berlomba-lomba untuk memiliki pengganti lebih dulu daripada sang mantan, agar terlihat lebih "laku". Hal ini merupakan tanda bahwa Anda sebenarnya cemburu, dan tidak rela bila mantan lebih dulu menemukan kebahagiaan bersama pasangan barunya. Sebaiknya, tata dulu perasaan dan hati Anda sampai benar-benar melupakan si mantan, sebelum memulai hubungan yang baru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com