Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Alasan Perlu Memakai Obat Kumur

Kompas.com - 24/01/2012, 15:08 WIB

KOMPAS.com - Obat kumur belum menjadi salah satu "perangkat" wajib saat menggosok gigi. Kebanyakan orang baru memakainya ketika mengalami sariawan, atau merasa nafas sedang tak sedap. Padahal, berkumur dengan obat kumur setiap hari bisa meningkatkan kesehatan gigi Anda, lho. Maria Lopez Howell, DDS, dokter gigi yang juga juru bicara American Dental Association, menjelaskan alasannya.

1. Membilas gigi dengan obat kumur bisa mencegah timbulnya plak. Terlalu banyak plak bisa menyebabkan gigi berlubang dan penyakit pada gusi. Namun, obat kumur tak akan menghilangkan atau mengurangi plak yang sudah ada.

2. Berkumur dengan obat kumur yang mengandung fluoride bisa membantu mencegah gigi berlubang. Bahan ini melindungi gigi dari kerusakan (yang mengakibatkan gigi berlubang) atau pembusukan. Untuk itu, cermati label kemasannya untuk memastikan obat kumur tersebut dilengkapi dengan fluoride.

3. Obat kumur mampu membantu Anda mengincar plak yang ingin dibasmi. Area dimana terdapat banyak plak akan berubah menjadi kebiruan sehingga Anda dapat berfokus pada area tersebut ketika menggosok gigi atau menggunakan dental floss.

Baca juga:

Obat Kumur dan Pengusir Bau Mulut Buatan Sendiri
3 Mitos Seputar Obat Kumur

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com