Kamis, 30 Oktober 2014
Indonesia Fashion Week 2012
Mempercantik Indonesia di Indonesia Fashion Week
Jumat, 27 Januari 2012 | 09:00 WIB
|
Share:
KOMPAS IMAGES/BANAR FIL ARDHI

IFW Menggandeng Martha Tilaar Group sebagai salah satu upaya untuk menambah kekhasan Indonesia dan sebagai strategi menghadapi persaingan global.

KOMPAS.com - Ajang Indonesia Fashion Week 2012 (IFW) yang akan digelar pada 23-26 Februari 2012 di Jakarta Convention Center, Jakarta, nanti, tak hanya akan menyuguhkan pameran dagang ritel untuk busana dan aksesori, tetapi juga berbagai produk pendukungnya, yaitu kosmetik. Hal ini untuk menunjukkan bahwa dunia fashion dan kecantikan memang tidak bisa dipisahkan. Dalam setiap karya desainer pasti tersirat pula tata rias yang mendukungnya. Untuk itulah Martha Tilaar Group (MTG) bergabung dalam Indonesia Fashion Week, sekaligus untuk menunjukkan kecintaan terhadap keragaman Indonesia, yang sejalan dengan visi dan misi event ini.

Untuk memeragakan koleksi busana desainer dalam IFW nanti, para model akan dirias dengan kreasi terbaru dari Sariayu, yaitu Etnika Nusa Tenggara. Koleksi ini akan menampilkan warna-warna dari Indonesia Timur yang cerah, yaitu Bena dan Kelimutu. "Penggunaan Tren Warna 2012 dari Sariayu ini sekaligus untuk mengajak kaum muda untuk fokus dan konsentrasi pada kebudayaan daerah, dan bukan menggunakan kosmetik luar negeri," ujar DR Martha Tilaar, pendiri perusahaan kosmetik ini, dalam konferensi pers IFW di kediamannya di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (25/1/2012) lalu.

IFW juga menjadi salah satu wadah untuk mengaktualisasikan empat pilar MTG dalam bidang beauty education, beauty culture, beauty green, dan empowering women. Empat pilar ini dikemas dalam berbagai acara yang digelar di IFW nanti, yaitu seminar spa dan skincare business untuk para profesional dan pemilik salon dan spa (23 Februari), make-up parade yang menyatu dalam fashion show dari Rudy Chandra, Jeanny Ang, dan Barli Asmara (24 Februari). Tak ketinggalan kelas beauty seminar yang ditargetkan akan diikuti oleh 3.000 orang, Martha Tilaar Exhibition yang menampilkan demo dan konsultasi kecantikan, serta talkshow serta promo activity (25 Februari). Semua acara ini dikemas dalam program Beautifying Indonesia Conference yang diharapkan mampu menginspirasi dan menambah pengetahuan para pengunjung IFW mendatang.

Martha juga mengungkapkan, dukungan sepenuhnya akan diberikan oleh MTG kepada Indonesia Fashion Week karena ajang ini sekaligus menjadi salah satu cara menjawab tantangan industri fashion dan industri kecantikan sekarang ini. "Ada tiga konsep yang harus diterapkan dalam industri fashion dan kecantikan agar bisa terus berkembang dan maju, yaitu Connect, Collaborate, dan Compete," ungkapnya.

Konsep 3C ini sangat berpengaruh pada kemajuan industri kreatif Indonesia. Martha berkeyakinan bahwa seluruh elemen pendukung industri fashion dan kecantikan harus nyambung (connect), untuk menjalin dan menjaga hubungan satu sama lainnya. Kedua hal ini kemudian harus berkolaborasi (collaborate) agar bisa bersaing (compete).

Dalam hal ini Martha Tilaar Group dan IFW sama-sama menyatukan kekuatan untuk bisa berkompetisi di industri global.


Penulis :
Christina Andhika Setyanti
Editor :
Dini
BERITA LAIN: