Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ngemil di Kantor Bisa Habis 650 Kalori!

Kompas.com - 03/02/2012, 14:25 WIB

KOMPAS.com - Anda yang sedang menjalani diet, sebaiknya memang memiliki jurnal khusus untuk mencatat makanan apa saja yang dikonsumsi setiap harinya. Nah, dengan membuat jurnal, Anda akan tahu bagian mana dari pola makan Anda yang masih perlu diperbaiki. Misalnya, jangan puas dulu jika Anda sudah membiasakan diri makan roti gandum dengan selai kacang untuk sarapan, dan gado-gado untuk makan siang. Di sela-sela jam makan tersebut, apakah Anda ikut mencomot martabak manis, donat, atau keripik yang dibawakan teman-teman Anda di kantor?

Asal tahu saja, menurut sebuah penelitian, rata-rata karyawati kantoran mengonsumsi 650 kalori dari cemilan saja dalam sehari. Kebanyakan dari mereka rajin ngemil karena dilanda rasa bosan.

"Di lingkungan kantor, gampang sekali untuk mengambil cemilan yang tersedia, dan sulit sekali menolaknya," ujar Mark Pearson, ketua MyVoucherCodes.co.uk, yang menggelar survei ini.

Dari survei yang diadakannya, sembilan dari 10 perempuan mengaku ngemil keripik, cokelat, dan biskuit di meja kerjanya. Cokelat adalah cemilan terfavorit (41 persen), disusul buah dan keripik. Sebanyak 51 persen di antaranya mengonsumsi sekitar 650-750 kalori lebih banyak dalam sehari. Kemudian, 2 persen mengatakan bahwa aksi ngemil dilakukan sepanjang hari, sehingga menghabiskan sekitar separuh dari jatah asupan kalori yang direkomendasikan untuk perempuan dalam sehari, yaitu 2.000 kalori.

Lalu apa alasan mereka ngemil begitu banyak?

Sebanyak 11 persen mengaku mengudap makanan sekadar untuk bersosialisasi, 49 persen ngemil karena bosan. Hampir dua pertiga perempuan yang disurvei mengaku lebih sering ngemil di kantor daripada di rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com