Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apresiasi untuk "Beauty Blogger" Inspiratif

Kompas.com - 10/02/2012, 22:49 WIB

KOMPAS.com - Perempuan urban kian akrab dengan dunia maya, salah satunya melalui blog. Blog tak hanya menjadi sarana kaum hawa untuk menumpahkan uneg-uneg pribadi dari pengalaman sehari-hari, namun juga untuk berbagi pengalaman mengenai berbagai hal yang dekat dengan kebutuhan juga gaya hidupnya.

Kaum hawa dapat berbagi cerita apa saja, saling belajar dan menginspirasi dari setiap pengalaman pribadi di dunia maya dengan menulis blog. Lantaran perempuan senang berbagi cerita, blog kian dekat dengan gaya hidup kalangan perempuan. Apalagi jika blogger perempuan menulis tentang kecantikan. Berbagai pengalaman seputar make up, perawatan kulit yang dituliskan dalam blog menjadi pembelajaran bagi perempuan lainnya.

Potensi blogger yang peduli pada kecantikan, termasuk ulasan mengenai baik buruknya produk kecantikan bagi perempuan, menarik perhatian produsen skincare dan make up, L'Oreal Paris. Apalagi jika mengacu pada beauty blogger di luar negeri, yang lebih berani bereksperimen dengan produk kecantikan. Mereka bukan sekadar mengaplikasikan namun lebih jeli mengkritisi kualitas produk dengan berbagai cara, lalu disampaikannya melalui blog sebagai bentuk edukasi dan bahkan menjadi referensi bagi perempuan lainnya.

"Blogger bicara mewakili dirinya, kebutuhannya, mereka menulis apa adanya. Mereka juga dapat menginspirasi dan mengedukasi melalui tulisan atau ulasannya," jelas Lia Mutiara Ramadiani Kurtz, Group Product Manager Skin Care, Men Expert & Make Up L'Oreal Indonesia, kepada Kompas Female di sela temu blogger dan workshop make up di Pasific Place Mall, Jakarta, Jumat (10/2/2012).

Untuk kali pertama, L'Oreal Paris mengadakan temu blogger di Indonesia sebagai salah satu caranya untuk memberi wadah bagi perempuan untuk menambah pengetahuan make up ala bintang. L'Oreal Paris menyeleksi 50 blogger menjadi 20 untuk mengikuti workshop make up natural menggunakan produk True Match bersama L'Oreal Paris Make Up Artist Ambassador Adi Adrian.

Menurut Lia, blogger yang terpilih adalah mereka yang memberikan inspirasi melalui blog. Para blogger ini tak harus fokus pada isu kecantikan, namun mereka punya perhatian dan memiliki kepedulian untuk mengedukasi perempuan lainnya mengenai perawatan kulit dan tata rias wajah. "Kami memiilih blogger yang menginspirasi. Mereka terpilih bukan karena blog-nya banyak dikunjungi atau Twitter-nya punya banyak followers, tetapi lebih kepada kualitas kontennya," lanjutnya.

Salah satunya, Puspita Hendra Sari, perempuan yang berprofesi sebagai pengacara ini mengaku tidak fokus menulis tentang kecantikan. Melalui blog www.nitasoesabdo.blogspot.com, perempuan yang akrab disapa Nita ini menulis berbagai hal, mulai uneg-uneg hingga kecantikan. Nita ngeblog sejak 2009, dan rutin menulis seminggu sekali. Lantaran dinilai memenuhi kriteria oleh L'Oreal Paris, Nita lolos seleksi dan terpilih sebagai satu dari 20 peserta workshop make up untuk kalangan blogger tersebut. Bagi L'Oreal Paris, beauty blogger tak harus mereka yang memang mengkhususkan blog-nya untuk kecantikan semata. Asalkan inspiratif dan edukatif mengulas kecantikan, blogger manapun bisa berkesempatan mengikuti kegiatan L'Oreal Paris yang sedang gencar meningkatkan interaksi dengan media digital pada 2012 ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com