Minggu, 27 Juli 2014
Warna Rambut untuk Kulit Sawo Matang
Sabtu, 18 Februari 2012 | 12:05 WIB
|
Share:
Shutter Stock

Sesuaikan warna rambut dengan warna kulit, agar kulit terlihat kusam

KOMPAS.com - Mewarnai rambut kini sudah menjadi salah satu cara untuk mengekspresikan diri. Namun sebelum mewarnai rambut, perlu Anda ingat bahwa warna rambut yang Anda pilih akan mempengaruhi penampilan secara keseluruhan.

"Warna rambut juga mencerminkan kepribadian, dan bisa menambah atau justru mengurangi kecantikan," ungkap ahli tata rambut, Rudy Hadisuwarno kepada Kompas Female, dalam acara Matrix Education Tour 2012 di Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Rudy menyarankan, jika ingin mewarnai rambut, pilih pewarna rambut dengan kualitas yang baik. Kualitas pewarna rambut yang baik akan menghindarkan rambut dari berbagai masalah seperti kering, patah, atau bercabang. Proses bleaching  yang dilakukan sebelum mewarnai rambut pada beberapa orang juga bisa menimbulkan rambut stres dan kemudian rontok.

Saat memilih pewarna rambut, perhatikan juga warna kulit. "Warna kulit (rata-rata) orang Indonesia adalah sawo matang, jadi sesuaikan warna rambut dengan warna kulit," bebernya.

Menurutnya, warna yang terlalu terang akan membuat kulit wajah yang sawo matang akan berubah menjadi lebih hitam dan kusam. Hindari pemilihan warna-warna mencolok seperti warna permen yang digunakan oleh Lady Gaga atau Katy Perry. Warna rambut seperti blonde dan platinum blonde seperti warna rambut Christina Aguilera juga sebaiknya dihindari karena membuat kulit wajah terlihat lebih gelap.

Warna rambut yang paling cocok untuk warna kulit perempuan Indonesia adalah warna-warna yang sedikit gelap seperti coklat, ungu tua, atau kemerahan. Warna-warna ini bisa membuat wajah terlihat lebih cerah dan juga lebih bersih karena warna rambut lebih tua dibanding warna kulit. Akan tetapi, jika ingin warna rambut yang lebih berani, warna neon atau  warna permen yang terang juga bisa digunakan, namun sebagai highlight saja.

"Kalau sebagai highlight saja tidak masalah, asal jangan digunakan untuk mewarnai keseluruhan rambut," ujarnya.

Namun, jika kulit Anda tergolong putih, tak ada salahnya untuk memilih warna rambut yang berani seperti warna rambut masyarakat Eropa. Hanya saja, sesuaikan kembali dengan kepribadian Anda. "Jangan memaksakan diri memakai warna terang, karena salah-salah bisa membuat Anda jadi tidak pede. Masyarakat Indonesia kan tidak terbiasa untuk menggunakan warna rambut yang terlalu terang seperti artis Hollywood," papar Rudy.


Penulis :
Christina Andhika Setyanti
Editor :
Kistyarini
BERITA LAIN: