Kamis, 24 April 2014
Ketika Bisnis Fashion Berangkat dari Fashion Blogging
Senin, 20 Februari 2012 | 16:50 WIB
|
Share:
soniaeryka.blogspot.com

Salah satu koleksi baju Sonia Eryka

KOMPAS.com - Kemudahan menjalankan bisnis online tampaknya membuat banyak generasi muda tergiur untuk menjadi pewirausaha. Salah satu perempuan muda yang terbilang sukses menggabungkan hobi dan bisnis adalah Sonia Eryka Isabella.

Awalnya, Sonia mengaku hanya iseng mendesain busana untuk dikenakannya sendiri. Kemudian ia membangun blog pribadi dan mengunggah foto-fotonya dengan busana rancangannya. "Dari situ, banyak teman-teman yang tanya tentang baju yang menurut mereka desainnya lucu," ungkap Sonia kepada Kompas Female, dalam acara yang digelar Pond's di Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Kesukaannya nge-blog dimulai sejak SMP, untuk mengisi waktu luangnya saat mengikuti home schooling.Topik favoritnya ketika itu berkisar soal kuliner, fashion, film, atau tempat nongkrong. Lama-kelamaan minatnya terhadap fashion ini lebih berkembang, sehingga ia memutuskan untuk berfokus pada fashion dan rancangan yang buatnya.

Koleksi busananya yang lucu dan kreatif membuat teman-temannya tertarik untuk membelinya. Sonia pun memutuskan untuk mulai memasarkan koleksi rancangannya melalui blognya, soniaeryka.blogspot.com.

"Dengan bisnis online ini, saya lebih mudah untuk me-manage-nya. Selain itu sebagian besar anak muda sangat suka gadget dan belanja online," bebernya.

Sonia mengaku bahwa koleksi busananya tidak hanya berkiblat pada satu tren mode saja. Inspirasi untuk mendesain busana didapatkannya dari banyak hal, misalnya dari gaya berpakaian artis luar negeri yang disukainya, majalah-majalah fashion luar negeri, mood, atau musik.

"Musik dan fashion itu nyambung banget. Misalnya dengan mendengarkan lagu lama, aku terinspirasi untuk bikin baju gaya vintage," tukas Sonia.

Karena target market-nya sendiri lebih menyasar remaja perempuan, sebagian besar rancangan Sonia merupakan busana ready to wear. Garis rancangan Sonia yang simpel juga menonjolkan kenyamanan dan kebebasan untuk bergerak. Rancangannya menghadirkan busana yang feminin dalam bentuk gaun pendek, celana pendek, cardigan, coat, dan kaus yang nyaman.

Uniknya, tak seperti bisnis fashion online pada umumnya, Sonia tak hanya menjual koleksi busana saja tapi juga memberikan inspirasi untuk gaya berbusana, serta teknik padu padan yang diberikannya dalam bentuk foto.

"Dengan adanya foto-foto busana yang dipadu padankan, banyak pelangganku yang mengaku terinspirasi ketika mereka sedang bingung mau pakai baju apa," bebernya.

Sonia juga menawarkan harga yang masih terjangkau untuk remaja, yaitu mulai Rp 95 ribu sampai ratusan ribu rupiah. 

Penulis :
Christina Andhika Setyanti
Editor :
Dini