Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berani Mencoba, Kiat Menjalankan Bisnis

Kompas.com - 20/02/2012, 17:17 WIB

KOMPAS.com - Berangkat dari menulis soal fashion dan memamerkan foto-foto bergambar busana rancangannya di soniaeryka.blogspot.com, Sonia Eryka Isabella lalu menambah aktivitasnya dengan menjadi pengusaha fashion online. Sonia memiliki beberapa tips untuk Anda yang ingin menjalankan usaha:

1. Temukan minat usaha. Ketika memutuskan untuk berwirausaha, sebisa mungkin pilih bidang usaha yang disukai. "Bekerja dalam bidang yang disukai akan menimbulkan passion sendiri untuk bisa berusaha keras mendapatkan kesuksesan," tambahnya. Jika Anda memiliki bakat dan minat yang berbeda, jangan memaksakan diri berbisnis di bidang yang tak dikuasai dan disukai karena akan menimbulkan tekanan pada diri sendiri.

Sonia mengakui, ketika memilih fashion sebagai bidang usaha, ia selalu berjuang dengan maksimal untuk mencari tren-tren terbaru, inspirasi, serta kreativitas, agar selalu menghasilkan karya yang unik dan berbeda.

2. Jangan takut mencoba. Bisnis merupakan bidang baru bagi perempuan berusia 18 tahun ini, namun hal ini tak menyurutkan niatnya untuk mencoba peruntungan menjalankan bisnis online. "Jika sudah takut mencoba, maka kita tidak akan pernah tahu dan merasakan hal-hal baru," ungkapnya.

Tantangan dalam hidup untuk berani mencoba hal-hal baru bisa membantu kita untuk lebih bersemangat menjalani hidup, serta menemukan cara kita sendiri untuk lebih kreatif dan sukses.

3. Jangan mudah putus asa
. Tantangan dalan hidup seharusnya disikapi dengan keberanian dan sifat tak mudah menyerah. Tak ada cara yang instan untuk mendapatkan kesuksesan; dibutuhkan pengorbanan serta usaha yang keras. Namun, kedua hal ini tidak akan menjamin kesuksesan, jika masih memiliki sifat mudah menyerah ketika gagal ataupun berhenti di tengah jalan.

Sonia menyadari bahwa dalam setiap kesulitan pasti ada jalan keluar yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut, asalkan tak mudah menyerah dengan keadaan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com