Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Kiat Agar Bekerja Serasa Berlibur

Kompas.com - 27/02/2012, 18:50 WIB

KOMPAS.com - Suasana liburan tetap terasa saat Anda bekerja dengan empat cara yang dapat menambah energi dan membangkitkan kembali semangat untuk menjalani semua rutinitas pekerjaan, berikut ini.

1. Ciptakan suasana natural.
Menciptakan kembali suasana liburan di setiap waktu mampu menambah energi dan pikiran positif. Anda bisa melakukannya dengan memajang foto-foto 'narsis' ketika berlibur bersama teman di meja kerja. Pajang juga postcard, suvenir, dan letakkan barang-barang hasil buruan saat liburan. Atau beilah beberapa bunga, lalu letakkan di dekat meja tempat Anda bekerja. Ini perlu dilakukan agar Anda mendapatkan kembali suasana natural, seperti yang didapatkan saat liburan.

Malas keluar ruangan saat makan siang? Kali ini ubah kebiasaan tersebut. Menikmati makan siang di taman kecil dekat kantor, mampu memberi suasana baru. Selain mendapat asupan oksigen dan vitamin D yang bermanfaat positif bagi tubuh, Anda juga bisa beristirahat sejenak dari layak notebook. Ubah juga kebiasaan Anda pulang langsung ke rumah usai jam kantor. Habiskan lebih banyak waktu di luar ruangan. Daripada berkeluh kesah lantaran macet sepulang kantor, mampir saja ke kafe bersuasana outdoor dan menyeruput secangkir kopi pilihan.

2. Buat ide kreatif.
Mengatur jadwal kerja, meeting dan pertemuan dengan klien memang bikin sakit kepala. Semuanya terasa monoton atau Anda serasa diburu waktu dan pekerjaan. Berbanding terbalik ketika Anda mengatur jadwal liburan yang memberikan suasana menyenangkan. Coba perhatikan, Anda lebih bersemangat mengatur jadwal liburan karena ada unsur kebaruan di sana. Anda akan menikmati suasana berbeda dari kehidupan sehari-hari. Anda membayangkan hal-hal baru yang bakal Anda temui saat liburan, seperti pengalaman baru, teman-teman baru dan sebagainya. Nah, semangat ini juga bisa Anda adopsi saat bekerja.

Buatlah kehidupan sosial lebih berwarna dengan mencari pengalaman seru atau yang belum pernah Anda lakukan sama sekali. Misalnya saja, belajar dansa, belly dance atau hal lain yang berkaitan dengan suatu negara yang Anda suka. Kalau Anda menyukai segala sesuatu tentang Italia, cukup mampir ke coffee shop Italia dan nikmatilah makanan khasnya. Anda juga bisa mencicipi menu baru di restoran tertentu atau mencari pengalaman kuliner berbeda di restoran yang baru saja buka. Anda juga bisa mengajak teman atau si dia belajar bahasa asing yang boleh jadi Anda butuhkan untuk melakukan perjalanan berikutnya.

3. Hindari virus malas.
Jangan ikuti rasa malas yang kerap datang seusai berlibur. Justru jadikan liburan sebagai sumber energi untuk memulai kembali kegiatan padat Anda. Jika masih malas, paculah diri dengan membayangkan bagaimana jika rasa malas itu berdampak pada dipecatnya Anda dari pekerjaan? Tanpa pekerjaan, Anda tak bisa menabung untuk melakukan perjalanan seru berikutnya bukan? Anda tetap perlu bekerja keras agar rencana liburan Anda tahun depan dapat tercapai. Pikirkan apa saja yang akan Anda lakukan hari ini. Utamakan pada lima poin teratas, sisanya limpahkan untuk beristirahat. Daripada terus menerus berkeluh kesah, lebih baik cepat selesaikan semua tugas yang menumpuk itu.

4. Kendalikan berat badan.
Saat liburan boleh jadi berat badan Anda mengalami penurunan. Coba ingat kembali agenda liburan Anda. Seberapa jauh Anda berjalan kaki? Berapa lama bermain air? Dari sini Anda bisa tahu ke mana perginya lemak di tubuh. Dengan berjalan kaki, berenang, bahkan berdansa, tanpa terasa kalori Anda terbakar. Meski dimanjakan dengan santapan favorit, namun karena aktivitas yang Anda lakukan juga banyak, tubuh pun enggan membengkak. Nah, lakukan juga kebiasaan beraktivitas saat liburan ketika Anda kembali bekerja. Konsumsilah makanan yang mengandung banyak nutrisi. Yang paling penting, aktiflah bergerak. Bawa semangat Anda saat liburan ke dalam keseharian kantor. Dengan begitu berat badan akan stabil dan semangat Anda kembali menyala.

(Cynthia)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com