Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Malas Pakai Toner?

Kompas.com - 01/03/2012, 15:39 WIB

KOMPAS.com - Banyak produk perawatan rambut dan wajah yang kini dipangkas menjadi satu produk agar lebih praktis. Sampo dibuat 2 in 1, pembersih wajah pun dibuat sekali usap. Meskipun praktis, dan sangat membantu ketika kita sudah terlalu lelah untuk membersihkan wajah secara total, para pakar mengatakan bahwa perawatan kulit terbaik harus dilakukan dalam tiga tahap: membersihkan, menyegarkan, dan melembabkan.

Namun, tahap kedua (dengan toner) seringkali dilewatkan meskipun membuat wajah yang telah dibersihkan menjadi lebih segar. Toner dirancang untuk membuang minyak, mengencangkan pori-pori, dan menyiapkan kulit untuk menyerap produk perawatan kulit yang lain. Hampir semua toner berbahan dasar alkohol, yang membuatnya efektif untuk melawan kulit yang berminyak. Namun bagi kulit yang yang cenderung kering, toner memang membuat kulit terasa makin kering.

Untuk Anda yang berkulit normal dan cenderung kering, sebenarnya Anda bisa menemukan toner yang berbahan dasar non-alkohol. Sejumlah produk toner lain bisa berfungsi melembabkan dan mengisi kembali nutrisi di dalam kulit. Produk ini umumnya menggunakan bahan-bahan pelembab seperti gliserin. Sedangkan Anda yang kulitnya sangat sensitif, cobalah menggunakan produk penyegar dengan bahan-bahan yang menenangkan, seperti lidah buaya, selenium, atau air pohon teh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com