Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bekerja dalam Tim Bikin Lebih Bodoh?

Kompas.com - 05/03/2012, 08:59 WIB

KOMPAS.com - Ketika sedang rapat, pernahkan Anda merasa justru "mandek" dan tak bisa berpikir jernih? Ternyata hal ini memang kerap dialami banyak orang yang harus bekerja dalam kelompok. Menurut sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh Virginia Tech, bekerja dalam tim ternyata bisa membuat beberapa orang pintar berkurang kepandaiannya. Penelitian ini dilakukan para ilmuwan dengan memberikan tes IQ pada beberapa mahasiswa.

Mereka dibagi dalam beberapa kelompok dimana masing-masing dipasangkan satu sama lain dengan tingkat kepandaian yang lebih tinggi daripada nilai kecerdasan rata-rata. Mereka juga dipasangkan dengan orang yang memiliki tingkat kecerdasan yang ada di bawah mereka. Lalu mereka diharuskan untuk memecahkan masalah sebagai sebuah tim kecil.

Dari hasil yang didapatkan secara keseluruhan, kelompok yang anggotanya dipasangkan dengan rekan yang punya IQ lebih tinggi ternyata mendapatkan skor tes IQ yang lebih kecil daripada tes IQ individual mereka. Dan pada kelompok dimana anggotanya dipasangkan dengan rekan yang kecerdasannya lebih rendah, mendapatkan skor IQ yang jauh lebih rendah. 

Hal ini disebabkan adanya tingkat persaingan dalam kelompok kerja tersebut. Ketika ada beberapa orang dalam satu kelompok, ada kemungkinan orang yang berpartisipasi lebih aktif untuk menonjolkan kepandaiannya, namun masih tetap ingin menjaga status sosialnya dalam kelompok. Di sisi lain, ada juga orang yang pasif, yang tidak berani mengemukakan pendapat, atau malas bersuara, dan hanya menerima keputusan dalam kerja kelompok tanpa memberi masukan.

Penelitian ini juga mengungkapkan, perempuan adalah orang yang paling mudah terpengaruh akan hal ini dibandingkan pria. Hal ini ternyata menurunkan kecerdasan serta emosinya ketika bekerja berkelompok. Peneliti juga menunjukkan bahwa pengaturan kelompok dalam berbagai varian jumlah juga bisa menurunkan kecerdasan. 

Bekerja dalam tim memang bisa membantu menyelesaikan pekerjaan lebih cepat, sekaligus membantu Anda bersosialisasi. Namun melalui penelitian ini, para peneliti secara tak langsung menyarankan Anda untuk bisa menyelesaikan pekerjaan sendiri. Nah, sekarang semuanya tergantung diri Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com