Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beramal, Dapat Sepatu Gratis

Kompas.com - 06/03/2012, 09:01 WIB

KOMPAS.com - Banyak orang bilang, dengan memberi, kita akan menerima lebih banyak. Hanya dengan menghadiri acara Heatwave Shoes for Charity, Feed 1000 Indonesia Kids di Atrium City Hall, eX Plaza Indonesia, Jakarta, Sabtu (25/2/2012) lalu, para penggemar brand sepatu asal Singapura ini bisa membawa pulang sepatu gratis!

Heatwave Shoerity, begitu sebutan singkat acara ini, merupakan acara amal yang diadakan untuk berbagi makanan kepada 1.000 anak selama satu bulan, sekaligus meningkatkan kesadaran mengenai kasus kelaparan di Indonesia. Pada acara tersebut, Heatwave menyumbangkan donasi senilai Rp 100.000.000 yang disalurkan melalui Yayasan Tangan Pengharapan. Yayasan yang bergerak di bidang kemanusiaan, dan pemberdayaan manusia ini antara lain menaungi anak-anak yang membutuhkan akses di bidang kesehatan, pendidikan, dan nutrisi (pangan).

"Heatwave sendiri berfokus untuk memenuhi kebutuhan pangan, karena makanan itu kan kebutuhan yang mendasar. Di Indonesia itu masih banyak anak-anak yang mengalami kelaparan dan malnutrisi, akibat kemiskinan. Yang lain mungkin akan fokus ke pendidikan anak, tapi bagi kami, bagaimana mereka bisa belajar dengan baik kalau kebutuhan pangannya saja belum terpenuhi?" tutur Jacquiline Onasis, Marketing & Communication PT Normi International yang membawahi Heatwave Indonesia, pada Kompas Female.

Yayasan Tangan Pengharapan dalam hal ini hanya berperan sebagai perantara. Dimana wilayah distribusi untuk 1.000 anak tersebut, dan bagaimana proses distribusinya akan diserahkan langsung oleh Heatwave kepada yayasan. Yang jelas, Children Nutrition Support, salah satu departemen dalam yayasan ini, telah mendirikan tempat-tempat pemberian makanan bergizi, khususnya di desa-desa yang sulit dijangkau di Indonesia; yaitu Lampung, Jakarta, Desa Pepe (Jawa Tengah), Bali, Sumba Barat, Oenif, Telukh, Tuapene, dan Oenasi (NTT), Halmahera (Maluku Utara), dan Nabire (Papua).

"Menurut kalkulasi yayasan ini, untuk memenuhi kebutuhan gizinya per bulan setiap anak membutuhkan Rp 100.000. Bayangkan, buat kita, Rp 100.000 itu mungkin habis untuk makan sehari. Tetapi buat anak-anak tidak mampu, uang sebesar itu bisa untuk makan sebulan. Dengan program ini, kami ingin mengajak konsumen untuk memupuk hal-hal kecil dalam meningkatkan awareness terhadap anak-anak yang kekurangan. Hal yang kecil itu akan sangat berarti bagi mereka," ujar Jacquiline.

Maka, Heatwave pun mengundang para penggemar brand sepatu ini berpartisipasi dalam acara Shoerity. Kehadiran mereka menjadi semacam kontribusi simbolik dalam pemberian donasi bagi anak-anak yang kurang mampu. Penggemar bahkan tidak perlu mengeluarkan donasi sama sekali, karena peran mereka lebih kepada memberi inspirasi kepada pihak lain untuk turut memberi perhatian pada masalah kelaparan pada anak-anak. Syukur-syukur, bisa mendorong pihak lain untuk mengadakan acara yang sama.

Sebelum acara berlangsung, Heatwave membuka kesempatan bagi konsumen untuk mendaftar acara ini dengan mengirimkan data diri via e-mail atau melalui account Heawave Indonesia di Facebook. Para pendaftar akan diseleksi lagi berdasarkan usia (antara 18-50 tahun), pendidikan, dan pekerjaan. Jawaban dari pertanyaan berbunyi "Alasan mengapa Anda ingin mengikuti acara ini?" akan menentukan apakah peserta tergolong orang yang memiliki tingkat kepedulian sosial yang tinggi, dan peka terhadap isu kesejahteraan sosial. Dari situ, terpilih 250 peserta yang kemudian menerima 250 pasang sepatu dengan model yang menjadi best seller (gratis!) saat acara berlangsung.

Sebagai nilai tambah, kegiatan amal ini juga tercatat dalam rekor MURI dengan kategori "Memakai Sepatu Heatwave dengan Peserta Terbanyak, 250 Peserta". Bahkan, hal ini juga memecahkan rekor dunia karena baru pertama kalinya diadakan di Indonesia.

Heatwave Shoerity juga menampilkan paduan suara anak-anak dari Yayasan Tangan Pengharapan, meramal via kartu Tarot, hingga seni tato. Dalam acara Fun Dance with 7Icons, peserta diajak menari bersama mengikuti lagu-lagun yang dilantunkan Linzy, Vanila, Mezty, Atee, PJ, GC, dan Natly.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com