Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jika Darah Rendah, Minumlah Teh atau Kopi

Kompas.com - 08/03/2012, 10:30 WIB

T:
Salam hangat. Saya wanita karier dengan umur 31 tahun, menikah dan punya anak umur 2 tahun, dan saya mengidap sakit darah rendah. Bagaimana pola makan untuk diet yang sehat? Karena kalo diet terlalu ketat saya pusing seperti berputar dan gemetaran. Terima kasih... (Bunda Een, 31)

J:
Salam hangat kembali Bunda Een,
Pola makan untuk diet sehat tentunya berpedoman pada diet dengan gizi lengkap dan seimbang. Lengkap artinya dalam setiap makanan harus mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, serat, dan air. Seimbang artinya jumlah yang dikonsumsi harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh.

Saya tidak dapat menghitung dan memberikan contoh diet yang Bunda Een perlukan, karena tidak ada data mengenai berat dan tinggi badan, juga aktivitas sehari hari yang biasa dilakukan. Mengenai diet yang terlalu ketat tentu saja tidak baik untuk tubuh. Gejala yang timbul seperti pusing atau gemetaran akibat diet yang terlalu ketat bisa disebabkan oleh turunnya kadar gula dalam darah, atau tekanan darah rendah. Oleh karena itu sangat perlu mengonsumsi makanan sesuai kebutuhan tubuh.

Mengenai keluhan darah rendah ada beberapa saran diet yang dapat diterapkan:
* Minumlah air atau cairan dalam jumlah yang cukup. Air dapat mencegah dehidrasi sehingga membantu menambah volume darah yang akan meningkatkan tekanan darah.
* Ikuti menu yang berdasarkan pada diet gizi lengkap dan seimbang, sehingga tubuh mendapat berbagai zat gizi yang akan bermanfaat bagi metabolisme tubuh.
* Makan dalam porsi kecil, dan hindari konsumsi karbohidrat dalam jumlah berlebihan.
* Kafein yang terdapat dalam kopi, teh, cokelat, maupun minuman berkafein lainnya dapat membantu meningkatkan tekanan darah. Namun konsumsi kafein harus didiskusikan terlebih dahulu dengan dokter keluarga, karena bagaimana pun kafein dapat memberikan efek yang kurang baik bagi kesehatan tubuh.
* Demikian juga dengan peningkatan asupan garam yang juga dapat membantu meningkatkan tekanan darah, sebaiknya didiskusikan dahulu dengan dokter keluarga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com