Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hedi Slimane, Direktur Kreatif YSL yang Baru

Kompas.com - 09/03/2012, 09:39 WIB

KOMPAS.com - Gosip miring tentang mundurnya Stefano Pilati sebagai desainer rumah mode Yves Saint Laurent (YSL) nampaknya menjadi kenyataan. Setelah sebulan berspekulasi, Pilati mengumumkan kepastian kemundurannya seminggu lalu. Pilati mengungkapkan salam perpisahannya dalam ajang Paris Fashion Week, yang disambut dengan standing ovation dari editor majalah Vogue, Anna Wintour. Ajang fashion ini juga sekaligus menjadi momen terakhir Pilati bersama YSL.

Kemunduran Pilati ini cukup mengejutkan, mengingat perannya yang cukup besar untuk rumah mode ini. Sejak menjabat direktur kreatif rumah mode asal Paris tersebut sejak 2004, Pilati sangat berjasa membangunkan kembali rumah mode ini setelah nyaris bangkrut.

Posisi Pilati sebagai direktur kreatif di rumah mode ini akan digantikan oleh Hedi Slimane. PPR (Pinault-Printemps-Redoute), distributor brand-brand mewah yang menaungi YSL, mengeluarkan pernyataan mengenai kepergian Slimane dari YSL. "Yves Saint Laurent dan PPR menunjuk Hedi Slimane sebagai direktur kreatif baru YSL yang akan bertanggung jawab secara kreatif dan penuh totalitas untuk citra merek dan semua koleksinya. Sejalan dengan posisi ini, ia juga akan tetap mengejar karier di bidang fotografi," ungkap juru bicara PPR.

Perancang Perancis ini memang dikenal juga sebagai fotografer. Setelah memimpin divisi menswear untuk YSl dari 1997-2000, Slimane pindah ke divisi Dior Homme dari rumah mode Dior, pada 2001-2007. Ia dikenal dengan rancangannya yang menampakkan siluet yang ramping. Bahkan ia pernah diklaim sebagai pendiri aliran skinny jeans. Kini, Slimane kembali ke YSL dengan tanggungjawab kreatif penuh untuk citra brand dan seluruh koleksinya.

"Sebagai satu dari rumah-rumah mode Perancis paling penting, Yves Saint Laurent hari ini memiliki potensi tangguh, yang saya yakini akan sukses ditampilkan melalui visi Hedi Slimane," ungkap Fancois-Henri Pinault, CEO PPR pada Women's Wear Daily.

Peran baru ini akan menjadi tantangan bagi Slimane, karena ia sekarang bertanggungjawab dengan lini busana wanita yang akan ditampilkan bulan Juni. Kemampuannya dalam fotografi akan dimanfaatkan untuk membuat pemotretan kampanye YSL. Sebagai desainer yang juga penggemar musik, Slimane juga telah memotret bintang rock Inggris dari band Babyshambles, Pete Doherty, merancang kostum panggung David Bowie, dan menciptakan skinny jeans dengan citarasa rock 'n' roll di pertengahan 2000-an.

(Christina Andhika Setyanti/Berbagai sumber)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com