Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengembangkan "Growth Mindset"

Kompas.com - 09/03/2012, 10:49 WIB

KOMPAS.com - Para profesional di bidang keuangan dan penjualan sebenarnya harus bersyukur karena tuntutan jabatan telah mendorong mereka untuk selalu berfokus pada pertumbuhan. Ekonomi tidak tumbuh, institusi macet, atau penjualan tidak tumbuh menjadi pertanda ada sesuatu yang salah pada upaya kita.

Tanpa disadari, situasi ini membuat mereka terbiasa melihat fenomena pertumbuhan sebagai tugas yang sekaligus menjadi keharusan, seperti halnya kita melihat pertumbuhan tanaman, yang berusaha mengejar matahari, bahkan mengalahkan gravitasi, dan memastikan diri untuk tumbuh terus. Jadi, bila ketidakpastian, kemacetan, kegamangan, dan kebohongan yang marak terjadi akhir-ahir ini bisa membuat sebagian orang merasa stuck atau tak menemukan jalan keluar, bagi orang-orang yang berobsesi untuk terus tumbuh,  penghalang itu seperti tidak ada. Inilah peran mindset yang tumbuh dalam diri kita.

Seorang ahli mengatakan: ”Mindset is everything”. Ada orang yang mengembangkan "fixed mindset", yaitu bagaikan mengukir kualitas diri kita dan orang lain di sebuah batu. Melihat situasi sebagai hal yang tetap, kaku, tidak pernah berubah. Sekali pemalas tetap pemalas, sekali pecundang tetap pecundang.

Sebaliknya, orang yang mengembangkan “growth-mindset”, meyakini bahwa upaya kita bagaikan menanam benih, pasti akan tumbuh dan menghasilkan hal yang positif. Kualitas-kualitas seperti kepandaian dan pengetahuan adalah modal dan titik awal, sementara sukses akan muncul setelah berbagai upaya untuk terus didorong, dijaga, dan diperbaiki dengan tekun.

Contoh cara pikir orang dengan fixed mindset adalah mereka melihat "jembatan sudah dibangun", titik. Mereka akan sangat terkejut dan merasa dunia runtuh, bila tiba-tiba melihat ada baut pengikat jembatan hilang dan terlepas, apalagi kalau tiba-tiba ambruk. Sebaliknya, pada orang yang ber-mindset "growth", maka ketika jembatan selesai dibangun, cerita barunya dimulai.

Hal yang dipikirkan adalah, bagaimana menjaga agar pemakai jembatan menikmati kelancaran? Bagaimana agar "maintenance"-nya irit? Kapan dilakukan pengecekan kekuatan jembatan? Bagaimana supaya baut tetap kencang? Dan, masih banyak hal yang perlu dikembangkan dan diantisipasi supaya “the show go on”.

Sungguh dua cara pikir yang berbeda dengan dampak yang juga bertolak belakang, bukan? Jadi, masihkah kita terus bersungut-sungut dan membiarkan diri kita mengembangkan “fixed mindset” dan bukan “growth mindset”?

Bugarkan mindset
Para ahli yang berusaha mengenali aspek sukses yang ada dalam diri John R Simplot,  penyuplai kentang ke McDonald’s yang lari dari rumahnya ketika berusia 14 tahun, dan  mahasiswa drop out dari Harvard, Bill Gates, yang melakukan "startup" dengan modal dengkul, ternyata menemukan bahwa keduanya mempunyai satu kesamaan, yaitu mereka tidak pernah membayangkan kegagalan, yang ada hanya: “maju terus”.

Orang ber-mindsetgrowth” bukannya tidak pernah gagal, tetapi cara memandang kegagalannya yang berbeda. Mereka sangat berfokus pada tujuan akhirnya, sehingga kegagalan hanya dilihat sebaagai penghambat sementara, yang kalau digarap dan diperbaiki bisa dilewati bahkan menjadi pelajaran.  

Dalam situasi hukum yang tak jelas, yang baik dan buruk tersamar, bencana alam yang mengancam, memang sulit bagi kita untuk tidak sesekali diselimuti oleh mindset yang negatif alias fixed. Ada CEO atau pemimpin yang ber-mindset "fixed" dan senang dikelilingi oleh orang-orang yang setuju dan mendukungnya. Padahal, bayangkan betapa tidak kreatifnya keputusan-keputusan yang dibuat tanpa beda pendapat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com