Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Artika Sari Devi Membidik Bisnis Baju Anak

Kompas.com - 09/03/2012, 14:13 WIB

KOMPAS.com - Bisnis menjadi investasi yang banyak dipilih untuk menyiapkan finansial di masa mendatang. Namun mencapai tujuan finansial tertentu bukan satu-satunya alasan bagi Puteri Indonesia 2004, Artika Sari Devi, untuk kemudian memilih menjalani bisnis baju anak. Baginya, terbatasnya ketersediaan baju anak usia 2-10, dan terbukanya celah pasar yang luas di lini ini, menjadi alasan baginya untuk menggeluti bisnis apparel khusus anak-anak untuk berpenampilan sesuai usia dan karakternya.

"Anak-anak punya gaya sesuai usianya, bukan memakai baju bergaya dewasa. Anak-anak juga sudah bisa memilih pakaian yang nyaman untuk dirinya," kata Artika kepada sejumlah media di Jakarta, menjelaskan alasan di balik kegiatannya berbisnis busana anak.

Bisnis baju anak yang dijalankan Artika, sepenuhnya berorientasi pada kebutuhan anak. Baginya, anak-anak berhak menentukan pilihan untuk busana yang dipakainya. "Anak-anak sekarang cerdas, bisa memilih, dan harus memakai baju yang disukainya. Anak-anak juga memilih pakaian yang akan dikenakannya," jelas ibu satu anak ini.

Mengajak anak memilih sendiri pakaiannya dapat menjadi cara orangtua mengenalkan anak dengan ragam gaya busana, sekaligus mengajarkan anak menyesuaikan busana dengan kegiatannya. "Anak-anak dua tahun sudah bisa protes mengenai busana yang dipakainya. Kadang busana yang disukainya, itu-itu saja yang dipakainya, tapi kan tidak semua busana bisa dipakai di segala suasana. Anak-anak bisa belajar menyesuaikan busana dengan kegiatan, melalui pengenalan ragam gaya busana," tuturnya.

Label fashion khusus anak-anak milik Artika diberinya nama Sugar Bebe. Sejak merilisnya pada 2011 lalu, Artika memasarkan produknya melalui pameran terutama di kegiatan yang banyak melibatkan orangtua-anak.

Kalau Artika punya ide bisnis untuk memberikan solusi baju anak, kira-kira ide apa yang muncul di pikiran Anda untuk mulai berwirausaha? Ide bisnis bisa datang dari mana saja, termasuk dari kebutuhan sehari-hari Anda. Namun tentunya Anda perlu pintar-pintar membaca peluang pasar. Seperti Artika yang jeli melihat potensi pasar di kebutuhan pakaian anak yang sesuai dengan dunia dan usianya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com