Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajak Si Kecil Berkreasi dengan Roti

Kompas.com - 10/03/2012, 13:23 WIB

KOMPAS.com - Di kota ini, anak-anak usia 2-16 dapat menantang dirinya menjalani berbagai profesi, melakukan berbagai aktivitas yang disukai dan bikin penasaran. KidZania menjadi destinasi edutainment yang tak pernah sepi dari kunjungan anak-anak, didampingi orangtua juga guru.

Di kota-nya anak-anak ini, orangtua juga guru, dapat membantu anak membangun karakter dan memperkaya diri dengan berbagai keterampilan, salah satunya menjadi pembuat roti profesional.

Sari Roti Bread House resmi dibuka di KidZania pada Sabtu, 10 Maret 2012, menambah satu lagi establishment baru di awal 2012 ini. Merek Sari Roti ambil bagian di KidZania untuk membuka wawasan anak-anak mengenai profesi yang terkait dengan pembuatan roti, sekaligus mengedukasi anak-anak mengenai pilihan menu sarapan yang sehat dan praktis.

Melalui Sari Roti Bread House, anak-anak bisa belajar mandiri membuat sarapan dengan roti, sekaligus menginspirasinya untuk mengkreasikan roti menjadi hidangan yang menggoda selera. Anak-anak juga dapat memelajari variasi makanan yang tersedia sehingga mereka tak sekedar mengonsumsi nasi untuk memenuhi asupan karbohidrat harian.

Bagi orangtua yang kesulitan mengajak anak makan atau sarapan, wahana permainan edukatif ini dapat menjadi salah satu solusi. Anak-anak bisa memahami pentingnya sarapan, dengan menginspirasinya membuat sarapan praktis dengan roti.

"Establishment ini lebih ingin mengajak anak berkreasi dengan roti. Inginnya nanti akan ada semacam pabrik pembuatan roti, sehingga anak-anak juga bisa belajar bagaimana membuat roti dan mengenalkan mereka dengan profesi di balik pembuatan roti," jelas Yusuf Hady, Direktur Operasional PT Nippon Indosari Corporindo, kepada Kompas Female seusai peluncuran Sari Roti Bread House di KidZania, Pasific Place Mall Jakarta, Sabtu (10/3/2012).

Menurut Yusuf, industri roti dan kue membutuhkan banyak tenaga ahli, bahkan juga melibatkan usaha kecil menengah. Menjawab pertanyaan Miss Talent KidZania 2011, Latisha T Rosabelle mengenai profesi yang dibutuhkan, Yusuf menyebutkan perusahaan yang dipimpinnya membutuhkan ahli teknologi pangan dan ahli nutrisi.

Ahli teknologi pangan bertanggung jawab atas pengawasan kualitas produk, sedangkan ahli nutrisi berkaitan dengan edukasi nilai gizi dalam produk. Tak hanya itu, perusahaan roti juga bermitra dengan pengusaha skala UKM untuk mendistribusikan roti.

Kemitraan ini dapat mengajarkan anak-anak mengenai kewirausahaan, dengan salah satu contoh nyatanya adalah pengusaha pemilik gerobak roti yang memasarkan produk melalui pendekatan langsung kepada konsumen.

Adalah tugas orangtua dan guru untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak, mengenai beragam profesi yang dapat dipelajari melalui wahana bermain di Sari Roti Bread House KidZania ini.

Di area bermain seluas 15 meterpersegi, dengan kapasitas empat orang, anak-anak dapat berkreasi dengan roti dibantu Chef KidZania. Selama 20 menit, anak-anak bebas mengeluarkan imajinasinya menciptakan kreasi roti yang dapat menjadi inspirasi untuk kemudian dipraktikkan di rumah dalam aktivitas sehari-hari.

Sebagai imbalan atas kreasi yang diciptakannya sebagai pembuat roti profesional, anak-anak mendapatkan gaji berupa mata uang resmi KidZania sebesar 5 KidZos. Selain tentunya menikmati kreasi roti yang diciptakannya.


 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com