Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puree Buah Cegah Anak Pilih-pilih Makanan

Kompas.com - 20/03/2012, 15:07 WIB

KOMPAS.com - Buah-buahan memang terbukti sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Hal ini rupanya disadari betul oleh Melanie Putria Dewita Sari, Puteri Indonesia 2002. Ia mengaku sebagai "penggila" buah-buahan, dan rutin mengonsumsi buah sebagai bagian dari menu makannya sehari-hari.

Berbekal kecintaan dan pengetahuannya tentang manfaat buah, istri Angga "Maliq & D Essentials" ini juga ingin memperkenalkan manfaat buah untuk putranya, Sheemar Rachman Puradireja, sejak dini.  Melanie khawatir Sheemar akan mengalami masalah picky eater, sehingga akan lebih sulit untuk mengenalkan buah jika dilakukan belakangan.

"Salah satu cara agar anak tidak pilih-pilih makanan seperti sayuran dan buah, saya kenalkan Sheemar dengan buah dan sayur sejak kecil," ungkap Melanie kepada Kompas Female, di sela acara "Buavita Fruit Does You Good" di Birdcage, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (19/3/2012) lalu.

Sheemar sudah diberi bubur buah (puree) sejak berusia enam bulan, sebagai makanan pendamping ASI. Ia punya alasan khusus mengapa memberikan makanan tambahan berupa buah-buahan dan bukan sekadar bubur nasi.

"Selain banyak manfaatnya, menurut dokter anak, buah memiliki rasa yang lebih netral dan mirip dengan ASI dibanding dengan bubur nasi. Sehingga anak akan lebih mudah menerima buah, dan ini juga siasat agar anak tidak jadi picky eater untuk makan buah," katanya.

Namun buah yang diberikan untuk anak sebaiknya yang memiliki rasa manis dan netral seperti apel. Hindari buah-buahan dengan rasa yang asam dan tajam, seperti durian, pepaya, melon, jeruk, dan alpukat, karena bisa mengganggu pencernaan bayi.

Yang harus diingat, jangan berikan puree buah sebagai pengganti ASI atau makanan utama bayi lainnya. Sampai saat ini, Melanie masih memberikan ASI eksklusif kepada sang buah hati, bersama dengan tiga kali makan utama, dan dua kali puree buah. "Sekarang ini dia sangat suka makan buah naga dan juga alpukat," tukas Melanie tentang Sheemar yang kini sudah berusia satu tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com