Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahan Alami Atasi Kulit Mudah Memar

Kompas.com - 23/03/2012, 19:54 WIB

KOMPAS.com - Sebagian orang memiliki kecenderungan mengalami memar lebih mudah daripada orang lain. Terbentur benda keras sedikit saja, kulit sudah terlihat lebam dan ruam kebiruan akan tampak beberapa hari setelahnya. Tentunya ini cukup mengganggu jika terlihat orang lain.

Menurut Heather Tick, MD, clinical assistant professor pada University of Arizona dan direktur Southwest Integrative Pain Institute, mudah memar ini bisa disebabkan aliran darah yang banyak dari pembuluh kapiler, yaitu jaringan pembuluh darah yang dikelilingi dan dilindungi oleh jaringan ikat.

"Jika jaringan ikat ini menipis atau tidak sehat, biasanya akibat kekurangan mineral, vitamin, dan antioksidan, pembuluh kapiler akan mudah rusak akibat trauma minor, misalnya terbentur atau tergesek," terang Tick.

Ketika pembuluh kapiler rusak, darah akan mencari jalan melalui jaringan yang berada di bawah kulit. Hasilnya dapat kita lihat dalam bentuk ruam berwarna biru keunguan di permukaan kulit.

Agar kulit tidak mudah memar, Tick menganjurkan Anda agar menyantap berbagai bahan makanan sehat sehingga kulit juga ikut sehat. "Santaplah banyak buah dan sayuran, terutama yang kaya akan vitamin C, yang memberikan banyak asupan mineral, vitamin, dan antioksidan. Jangan lupa konsumsi minyak sehat seperti minyak zaitun, atau makanan yang kaya akan minyak alami seperti alpukat dan kacang mentah. Selain itu, perbanyak makan ikan yang kaya akan omega-3," saran Tick.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com