Kamis, 24 April 2014
Gaun Pengantin Muslim Kini Lebih Elegan
Rabu, 4 April 2012 | 14:27 WIB
|
Share:
IRNA LA PERLE

Koleksi gaun pengantin muslim Irna La Perle, rancangan Irna Mutiara.

KOMPAS.com - Perempuan berbusana muslim kerap kesulitan mencari gaun pengantin yang tepat. Pilihan lagi-lagi kembali kepada kebaya, yang terkadang terlalu ketat di badan. Sementara, perempuan berbusana muslim merasa lebih nyaman tampil di hari istimewa dengan busana pengantin longgar namun tetap berkesan elegan tak berlebihan.

Desainer anggota Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Irna Mutiara, membidik kebutuhan ini. Selain menciptakan ragam koleksi busana pengantin berkonsep modern, Irna membukukannya untuk memberikan inspirasi.

Irna mengambil momen Indonesia Fashion Week 2012 lalu untuk meluncurkan buku berjudul New Concept Wedding Moslem terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. Dalam bukunya, Irna memberikan inspirasi gaun pengantin muslim yang tak biasa. Kesan modern menonjol tanpa meninggalkan kaidah berbusana muslim, yakni longgar menutupi tubuh tanpa menonjolkan lekuk.

"Banyak pengantin muslim kesulitan menemukan atau memakai busana pengantin di hari pernikahannya. Biasanya pengantin muslim juga memakai kebaya modifikasi sebagai busana pengantin yang seringkali ketat di badan. Ada juga pengantin yang merasa ingin tampil istimewa, elegan, tapi kadang terlalu berlebihan," jelasnya di sela peluncuran bukunya di Jakarta beberapa waktu lalu.

Menurut Irna, orang yang memakai busana muslim ketat termasuk pada hari pernikahannya karena ketidaktahuan dan belum tersedianya busana yang tepat. Buku koleksi busana pengantin muslim karya Irna memberikan alternatif sekaligus inspirasi gaun pengantin muslim bernuansa modern namun tetap terlihat simpel.

Simpel-elegan
Irna menggunakan bahan sutera satin, taffeta, dan tile, untuk merancang koleksi busana pengantin muslim modern. Soal warna, putih masih mendominasi namun kombinasi perak juga menjadi pilihan lainnya.

Irna telah merancang ratusan koleksi busana pengantin muslim. "Kebanyakan dibeli oleh salon yang menyediakan jasa pernikahan," ungkapnya.

Model gaun pengantin muslim karya Irna kian berkembang, dengan menonjolkan ciri khasnya: mewah, elegan, dan nyaman. Salah satu penggemar gaun pengantin muslim buatan Irna, Zaskia Adhya Mecca, mengakuinya.

"Bajunya elegan, mewah, simpel, dan mudah dipakai," tutur Zaskia, yang menggunakan gaun pengantin muslim merek Irna La Perle pada hari pernikahannya.

Kecerdikan Irna mengeksplorasi bahan polos dan busana muslim panjang yang longgar menjadi gaun pengantin cantik mendapatkan sambutan hangat. Tak hanya Zaskia yang menggemarinya. Perempuan berbusana muslim lain yang ingin tampil gaya di hari pernikahannya juga melirik koleksi Irna La Perle ini.

"Banyak teman yang menanyakan baju pengantin yang pernah saya pakai. Mereka senang karena punya solusi menikah pakai baju pengantin muslim yang harganya juga bisa menyesuaikan budget," ungkap Zaskia.

Keunikan busana pengantin muslim Irna Mutiara terletak pada garis rancangnya yang simpel menonjolkan sisi elegan perempuan. Selain itu juga permainan aksesori, mulai kalung, korsase, juga detail bunga dan beadings.

"Busana pengantin muslim bisa dengan gaun, dan tidak harus terpaku pada payet. Saya mengeksplorasi bahan polos yang diolah, memakai korsase untuk menonjolkan gaya cantik elegan, kreasi kerudung, sepatu, dan memperkaya detail," jelas Irna.

Penggunaan aksesori, memerhatikan kenyamanan, dan menghadirkan gaun longgar yang elegan, menjadi pembeda koleksi gaun pengantin Irna Mutiara.

Dalam bukunya, Irna memberikan gambaran secara umum sekitar 16 model gaun pengantin muslim rancangannya.  Ragam selera dipenuhi oleh Irna, dengan menampilkan gaun pengantin muslim modifikasi kebaya hingga gaun model bolero, bahkan ponco.

Irna berkreasi dengan aksesori seperti bros, kalung, korsase yang diaplikasikan sempurna pada tiap gaun pengantin muslim.

Ragam pilihan model tersedia, seperti gaun panjang berkerah lebar dengan hiasan bros, dan uliran dari beads. Jika suka gaya yang lebih modern, gaun berpotongan ponco lebar dengan detail opnaisel simpel bisa jadi pilihan. Irna juga menghadirkan kesan elegan pada gaun pengantin muslim dengan mengaplikasikan korsase pada gaun panjang longgar berpotongan simpel.

Untuk Anda yang ingin tampil di hari istimewa dengan kebaya, Irna mengkreasikan kebaya panjang dan pendek, termasuk kebaya semi jas, dipadukan dengan gaun panjang longgar atau rok lebar.

Lace juga tak ketinggalan dalam kreasi busana pengantin muslim Irna Mutiara. Bolero lace dengan detail kancing dipadukan dengan gaun lebar, menghasilkan total look yang elegan, mewah, namun tetap berkesan simpel.

Tak hanya memberikan inspirasi gaun pengantin, Irna juga berbagi pengetahuan mengenai aplikasi kerudung untuk gaun pengantin dan busana pesta. Dalam bukunya, Irna juga menampilkan kreasi busana pesta hasil bongkar pasang dari gaun pengantin.

Penulis :
Wardah Fazriyati
Editor :
Dini