Kamis, 30 Maret 2017

Female

Ajang "Ngerumpi" ala Komunitas Perempuan

KOMPAS.com - Perempuan suka "ngerumpi" namun bukan sembarang bicara apalagi menyebar gosip tanpa arah. Tak heran jika perempuan paling suka berbagi pengalaman dan saling tukar informasi, terutama di dunia maya. Kebiasaan ini banyak ditemui di berbagai komunitas online.

Alih-alih hanya bersuara di dunia maya, sejumlah komunitas juga kerap menggelar kegiatan temu muka untuk mengembangkan jejaring dan membuka peluang kolaborasi. Bersama fX Lifestyle X'nter, komunitas perempuan Ngerumpi.com menggelar Ngerumpi Day's Out 20-21 April 2012.

Sebagai bagian dari peringatan Hari Kartini, baik fX dengan program Funtastic Female, juga Ngerumpi.com memberi ruang untuk komunitas bertemu muka. Utamanya untuk perempuan dalam memenuhi berbagai kebutuhannya.

"Selama dua hari kegiatan ini menargetkan lebih dari 20.000 pengunjung. Dengan segmen perempuan urban usia 25-40. Sampai saat ini ada 27 komunitas yang melakukan konfirmasi dan jumlahnya bisa terus bertambah," kata Nunik Rahmawati, Project Manager Ngerumpi Day's Out kepada Kompas Female seusai jumpa pers di fX Jakarta, Rabu (4/4/2012).

Menurut Nunik, ngerumpi di sini lebih bermakna sharing. Dari pengalamannya mengadakan kegiatan offline komunitas, banyak manfaat yang didapatkan komunitas maupun individu. Selain menambah pengetahuan untuk diri sendiri, kegiatan temu komunitas ini juga membuka kesempatan bagi setiap komunitas untuk bersuara.

Selama dua hari, pengunjung fX dapat mengikuti talkshow, workshop, dan mengunjungi berbagai booth yang diisi berbagai komunitas. Anda juga bisa leluasa berinteraksi dengan puluhan komunitas untuk mengetahui kegiatan dan program mereka. Seperti Lentera Indonesia yang fokus dengan program pemulihan trauma kekerasan seksual. Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai kekerasan seksual, Lentera Indonesia mengadakan talkshow mengangkat topik abusive relationship pada 21 April 2012 pukul 15:00.

Melalui kegiatan ini, Anda juga bisa menelusuri ragam komunitas unik seperti Card to Post, gerakan online yang mengajak siapa pun untuk menghidupkan kembali budaya berkirim kartu pos.

Rika Savitri, dari fX Lifestyle X'nter mengatakan komunitas baik yang aktif secara online maupuan offline, memiliki kekuatan dan semakin berkembang apalagi jika punya wadah.

"Banyak hal unik yang didapatkan di fX yang pengunjung tidak dapatkan di tempat lain berkat komunitas. Karenanya, fX mendukung komunitas dengan memberikan tempat. Tak disangka, orang-orang pun lebih berani mengungkapkan apa saja tanpa rasa takut, namun tetap sepantasnya," jelas Rika.

Selain kegiatan  talkshow, Funtastic Female yang berlangsung sepanjang April 2012 juga menggelar fashion market busana muslim, fashion show, konsultasi kecantikan, juga bazaar untuk para ibu. Anda juga bisa mengikuti program belanja berhadiah laptop dan 14 tiket konser Lady Gaga. Untuk perempuan yang berbelanja senilai Rp 300.000 dalam satu struk, Anda bisa mendapatkan hadiah langsung seperti tas belanja serta voucher kesehatan dan kecantikan.

Editor : wawa