Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Piknik di Taman Bareng Si Kecil

Kompas.com - 08/04/2012, 16:46 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com – Kapan terakhir kali Anda mengajak si kecil bermain-main di taman? Tinggal di kota besar seperti Jakarta, seringkali orang tua menghabiskan akhir pekan bersama anak di mal. Berkunjung ke taman tak hanya agar si kecil bisa menikmati udara bebas, tetapi berinteraksi dengan alam secara langsung. Apalagi wisata di taman tak perlu bayar. Paling-paling Anda hanya modal uang untuk bekal sarapan dan makan siang.

Nah, bagaimana kalau di akhir pekan, Anda habiskan waktu di taman. Untuk membuatnya lebih menarik, persiapkan aneka aktivitas, termasuk bekal makan siang. Bawalah makan siang dari rumah. Pilih bekal yang mudah dibawa, misalnya sosis goreng dengan nugget dan telur goreng, nasi secukupnya, dan sayuran tumis.

Bawa juga roti tawar dengan berbagai olesan, misalnya mayonaise, selai kacang, selai manis seperti selai stoberi dan isian seperti keju dan ham. Nantinya biarkan si kecil berkreasi dengan roti isi buatannya sendiri di tengah alam terbuka. Sensasinya akan sangat berbeda dibanding saat ia membuat roti isi di ruang makan.

Jangan lupa membawa buah seperti apel dan jeruk. Lalu, air mineral dan jus sebagai minuman. Lalu, bawa pula peralatan makan seperti piring, sendok, dan gelas. Pilih saja peralatan makan plastik, Sehingga lebih praktis saat membawanya.

Alas duduk atau tikar perlu pula Anda bawa. Bisa juga kain sebagai alas, pilih yang tebal dan terbuat dari katun. Jangan lupa membawa aneka mainan untuk beraktivitas. Pilih seperti bola atau . Bisa juga peralatan menggambar agar si kecil dapat mewarnai gambar atau melukis di alam terbuka.

Sudah siap dengan berbagai “alat tempur” untuk piknik di taman? Saatnya memilih taman yang akan didatangi. Cari taman yang jaraknya agak jauh dari rumah, namun masih di dalam satu kota. Hal ini untuk memberikan suasana berbeda bagi si kecil, seakan sedang melakukan perjalanan jauh.

Kenali juga taman tersebut. Apakah taman terawat dan bersih? Ataukah pepohonannya terlalu rimbun sehingga malah memberi kesan angker. Perhatikan pula keamanan dan kenyamanan taman tersebut.

Sebaiknya pilih taman yang pohonnya tak terlalu rimbun hingga seperti hutan mini. Taman seperti ini tak mendapatkan asupan cahaya matahari yang baik. Sebab, ajak si kecil sejak pagi sekitar jam 8 di taman untuk mendapatkan cahaya matahari pagi. Barulah mencari tempat yang teduh saat menyantap bekal makan siang.

Di Jakarta, beberapa taman yang direkomendasikan misalnya Taman Suropati dan Taman Menteng. Taman ini terkenal sebagai tempatnya berbagai komunitas. Ajak si kecil pagi-pagi ke sini untuk melihat latihan para pemain biola. Ada banyak titik yang cocok dijadikan tempat menggelar piknik.

Sedangkan di Taman Menteng tersedia berbagai mainan untuk si kecil. Jadi bosan dengan mainan yang dibawa, si kecil bisa bermain-main di area playground. Lapangan rumput luas banyak di taman ini, tinggal pilih saja yang dekat dengan area playground.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com