Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Keripik Kentang Lebih Renyah

Kompas.com - 14/04/2012, 21:23 WIB

KOMPAS.com - Keripik kentang pasti menjadi salah satu cemilan yang siap menemani Anda nonton televisi. Anda bahkan bisa membuat sendiri keripik dengan rasa gurih ini. Namun, keripik kentang yang dibuat sendiri seringkali kurang renyah, sehingga kurang enak dikunyah. Agar keripik buatan Anda terasa lebih garing, ini tipsnya:

1. Gunakan kentang yang tua
Hindari penggunaan kentang yang masih muda, karena kandungan airnya yang cukup tinggi. Kentang yang tua memiliki ciri-ciri kulit ari yang tidak mudah terkelupas.

2. Iris sampai benar-benar tipis
Ketebalan irisan kentang sangat berpengaruh pada kerenyahan keripik. Potongan yang terlalu tebal bisa membuat keripik jadi kurang garing. Gunakan pisau yang tajam agar irisan benar-benar tipis. Sebaiknya iris tipis kentang sampai membentuk lembar transparan, kemudian cuci sampai bersih.

3. Rendam dalam air kapur sirih
Air kapur sirih bisa membantu proses perenyahan keripik. Setelah dicuci bersih, rendam irisan keripik ke dalam larutan air kapur sirih selama 20 menit. Perendaman ini berguna untuk membuat lapisan kentang menjadi lebih keras dan kuat sehingga saat digoreng akan jadi lebih garing. Jika ingin keripik nantinya lebih gurih, tambahkan garam saat perendaman dengan air kapur sirih. Saat akan digoreng, tiriskan irisan kentang sampai benar-benar kering.

4. Goreng dua kali
Goreng kentang dalam minyak yang cukup banyak dan panas. Yang harus diingat, jangan memasukkan kentang terlalu banyak ke dalam minyak agar tidak menempel satu sama lain. Goreng keripik ini sampai matang dan garing, lalu tiriskan.

Pada tahap ini kentang memang sudah garing, tetapi belum sepenuhnya karena dalam minyak pertama masih terdapat cukup banyak kandungan air yang tertinggal. Agar semakin kering dan renyah, keripik harus digoreng dua kali. Maka setelah ditiriskan, goreng kembali kentang di wajan yang berbeda dengan minyak baru yang banyak dan panas. Selain jadi lebih garing, keripik pun lebih awet.

(Dari berbagai sumber)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com