Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ranov Suswanda, Juara I Senior Chef Of The Year

Kompas.com - 24/04/2012, 07:18 WIB

KOMPAS.com -  Setelah melewati tahap seleksi awal dan semifinal yang diadakan di empat kota yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Bali, terpilih enam pemenang dari total 18 chef yang berkompetisi memerebutkan gelar Chef Of  The Year 2012 dari Unilever Food Solution.

Mereka adalah gabungan dari 10 chef senior dan delapan chef junior, yang terseleksi dari putaran semifinal (16 chef) dan kompetisi memasak Salon Cullinaire (2 orang). Ranov Suswanda, terpilih sebagai juara I Senior Chef Of The Year 2012.

Chef of  The Year merupakan kompetisi kuliner memasak tingkat nasional yang diadakan untuk pertama kalinya di Indonesia oleh Unilever Food Solution. Kompetisi ini ditujukan bagi chef profesional baik junior dan senior yang sedang meniti karier di hotel atau restoran, serta mahasiswa dari fakultas atau jurusan kuliner.

"Acara ini mendapat respons dan antusiasme positif dari peserta. Meski hanya diadakan di empat kota besar di Indonesia, namun peminatnya juga datang dari Sumatera dan Kalimantan," ungkap Adam Djokovic, managing director, Unilever Food Solution dalam acara Grand Final Chef of the year 2012 di Epicentrum walk, Jakarta Selatan, Senin (23/4/2012).

Pada tahap grand final, peserta diberi waktu 90 menit untuk persiapan, memasak dan menghidangkan kreasi masakannya yang meliputi hidangan pembuka dan hidangan utama dari bahan yang ditentukan para juri.

Juri yang menilai hasil kreasi makanan ini adalah kalangan profesional, yaitu Chef Widhi (Executive Chef Unilever Food Solution), Chef  Vindex Tengker (Brand Ambassador Unilever Food Solution), Chef Setiyanto (Axecutive Chef Hotel The Sultan), dan Chef Gilles Marx (Chef perwakilan AMUZ Gourmet).

Kriteria penilaian pemenang ini didasarkan pada beberapa hal yaitu kebersihan, presentasi makanan, penggunaan poduk Unilever, dan juga rasa makanan tersebut.

Pemenang kategori junior chef di antaranya: Dias Raditya Wijaya dari Bvgalri Hotel Bali (juara I), Krisanti Mukhsari dari The Dharmawangsa Hotel (juara II), dan Johardi dari STP Trisakti (juara III).

Sedangkan yang berhasil menduduki posisi Chef of The Year 2012 dari kategori senior chef adalah Ranov Suswanda dari Novotel Bandung (Juara I), Anak Agung Gede Taskara Magara dari Hotel Conrad Bali (juara II), dan Jannes P. Siahaan dari Grand Hyatt (juara III).

"Para pemenang ini diharapkan bisa meningkatkan 'nilai' chef Indonesia dimata Internasional, dan bisa bersaing dengan chef lain di kompetisi Internasional lainnya," ungkap Chef Vindex Tengker, sebagai juri kompetisi ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com