Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tunggu Kemeriahan Jakarta Fashion & Food Festival!

Kompas.com - 27/04/2012, 10:38 WIB

KOMPAS.com - Ajang pamer kreativitas busana dan kelezatan makanan, Jakarta Fashion and Food Festival (JFFF), untuk kesembilan kalinya akan kembali digelar di Kelapa Gading, Jakarta Utara, mulai 12-27 Mei 2012. Ajang fashion untuk program tahun ini akan mengambil tema Innofashion. Merupakan perpaduan dari kata innovation dan fashion, sebagai intepretasi kekayaan budaya nusantara dalam dengan sentuhan tren gaya hidup terkini. Sebagai face icon JFFF 2012, terpilih model cantik Kelly Tandiono.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kali ini acara Gading Nite Carnival akan menjadi rangkaian pembuka dari JFFF pada tanggal 12 Mei 2012. "Dulu dilakukan sebagai parade penutup. Namun kali ini dijadikan pembuka agar ada dentuman besar yang bisa mengajak orang datang ke acara ini," ungkap Sugianto Nagaria, Direktur PT Summarecon Tbk, saat peluncuran program JFFF di Hotel Harris, Kelapa Gading, Jakarta, Kamis (26//4/2012) lalu.

Rangkaian karnaval ini dibagi menjadi sembilan segmen dengan tema yang unik, yaitu Jakarta Urban City yang menampilkan ondel-ondel, The Dragon, Jember Fashion Carnival, Secret Garden, Rain Forest, lomba kostum karnaval, Avantasia, Cosmic, dan diakhiri dengan pesta kembang api yang meriah.

Sejumlah desainer papan atas akan turut memeriahkan pagelaran ini, dan 10 di antaranya akan melakukan pagelaran busana tunggal, yaitu Raden Sirait, Anne Avantie, Henky Kawilarang, Denny Wirawan, Sally Koeswanto, Priyo Oktaviano, Musa, Defrico Audy, Sebastian Gunawan, dan Stephanus Hamy. Selain itu, beberapa desainer, organisasi fashion, sampai sekolah mode seperti ESMOD, IKJ, UNJ, Cita Tenun Indonesia, Yayasan Batik, Dekranasda Singkawang, serta Dekranasda Denpasar, Bali, juga akan menghadirkan koleksi busana.

Salah satu hal yang terbilang cukup istimewa pada penyelenggaraan tahun ini adalah adanya Asian Gading Beauty Awards. "Beda dari tahun sebelumnya, kali ini kami akan mengadakan kompetisi make-up artist tingkat Asia, untuk mencari make-up artist yang bertaraf internasional," ungkap Deby T. Wibisana, Marketing Manager Martha Tilaar Group, yang turut bekerja sama dalam acara ini.

Kampoeng Tempoe Doeloe
Tak hanya menampilkan tren fashion terbaru, JFFF juga akan menawarkan sensasi sendiri saat bersantap. Untuk membangkitkan kenangan suasana Stasiun Beos dan indahnya Museum Fatahillah, JFFF ini akan menghadirkan suasana ini di area La Piazza. Kampoeng Tempo Doeloe akan mengangkat tema Oude Batavia, dan menghadirkan keindahan suasana di zaman kolonial.

Makanan yang dihadirkan di tempat ini juga merupakan makanan jadoel yang akan menimbulkan kenangan, seperti klappertaart, martabak, bitterballen, tongseng, kue putu, dan yang paling spesial adalah nasi rendang racikan langsung pakar kuliner William Wongso. Selain itu juga empal gentong, rujak juhi, otak-otak, kerak telor, tahu gejrot, tauge goreng, buah lontar, dan masih banyak lagi.

Salah satu program yang ditunggu-tunggu, Wine and Cheese Expo, masih akan hadir tahun ini. Pameran ini menjadi salah satu jembatan komunikasi antara budaya melalui pameran wine dan keju terbaik dari beberapa negara seperti Perancis, Australia, Argentina, Chili, dan New Zealand. Pasangan chef Adhika Maxi dan Karen Charlotta akan memandu free wine and cheese tasting untuk para pengunjung. Anda juga bisa mengikuti wine workshop, wine dinner, wine and food pairing, pastry chef show, dan cheese discovery.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com