Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rilekskan Tubuh Saat Sedang Haid

Kompas.com - 04/05/2012, 09:44 WIB

KOMPAS.com - Ketika tamu bulanan sedang mampir, tubuh rasanya sangat tidak enak. Mulai dari perut kembung, kram, pinggang pegal, hingga emosi yang naik-turun tidak terkendali. Rasanya sulit untuk memulai aktivitas dan tetap berenergi sepanjang hari.

Namun, bukan berarti Anda lantas hanya berbaring di rumah dan tidak bisa beraktivitas. Lebih baik luangkan waktu lebih banyak untuk memanjakan diri, yang juga bertujuan untuk meredakan nyeri haid, sekaligus merilekskan badan. Mulailah dengan memberi waktu ekstra beberapa menit sebelum bangkit dari tempat tidur di pagi hari, lalu nikmati makanan sehat sebagai sarapan. Bila memungkinkan, luangkan waktu untuk tidur sebentar di sore hari. Selain itu, lakukan beberapa aktivitas yang bisa membuat tubuh jadi lebih nyaman, seperti beberapa inspirasi berikut:

1. Perawatan di spa
Kunjungan ke spa dan mendapatkan perawatan massage di seluruh badan, facial, atau mani-pedi dapat membuat Anda menjadi lebih rileks sekaligus emosi juga jadi lebih stabil.

2. Mandi air hangat
Mengguyur tubuh atau berendam air hangat dapat membantu meredakan otot-otot yang nyeri sekaligus kram di area perut. Tambahkan dengan beberapa tetes minyak esensial ke dalam air mandi, lalu semarakkan suasana dengan menyalakan beberapa lilin wangi.

3. Makan dark chocolate
Sedang ingin makan manis? Kalau terlalu banyak mungkin malah akan bikin perut tambah tidak nyaman. Bagaimana kalau Anda menggantinya dengan dark chocolate? Kandungan antioksidannya yang kaya dapat membantu tubuh dari proses penuan diri serta menyehatkan jantung. Selain itu, dark chocolate juga dapat menstimulasi produksi endorfin dalam tubuh, sehingga bisa membantu mengangkat mood dan membuat Anda tidak mudah emosi.

4. Bercanda bersama teman
Ya, tertawa bisa jadi obat mujarab untuk setiap keluhan. Saat tertawa, tubuh akan melepas endorfin sehingga Anda akan lebih santai, dan kadar stres akan berkurang. Jadi, ketika mood Anda sedang kurang baik atau tidak enak badan, pergilah bersama teman dekat untuk menonton film komedi, kemudian berbagi tawalah bersama.

5. Pergi ke pusat kebugaran
Olahraga ringan seperti berjalan kaki di atas treadmill dapat membantu menghilangkan kram serta suasana hati yang buruk. Namun, jika Anda merasa kram yang hebat pada saat menstruasi, lebih baik coba metode pengobatan lainnya, seperti mengompres perut dengan kantung air hangat, pijatan, atau obat-obatan yang disarankan oleh dokter.

6. Latihan yoga
Yoga dapat menjadi salah satu cara untuk rileks serta menyeimbangkan tubuh, pikiran, dan jiwa. Ada beberapa pose yang secara khusus dianjurkan untuk para wanita yang sedang haid. Erikar Lebang, dalam bukunya Yoga Sehari-hari Untuk Kesehatan, menyarankan beberapa pose untuk mengatasi gangguan menstruasi. Antara lain adalah pose Baddha Konasana (bersila), Janu Sirsasana dengan bantuan kursi, dan Setubandha Sarvangasana (Bridge Pose).

(Berbagai sumber)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com