Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makin Banyak Perempuan 40-an Kencani "Brondong"

Kompas.com - 04/05/2012, 19:14 WIB

KOMPAS.com - Entahlah, apakah para perempuan saat ini ketularan para selebriti. Yang pasti, perempuan berusia di atas 40 tahun cenderung mengencani pria-pria yang lebih muda dan bugar. Beberapa contoh selebriti yang memiliki hubungan dengan "daun muda" mungkin sudah Anda ketahui, seperti Madonna (53) yang mengencani Brahim Zaibat (25), Jennifer Lopez (43) dan Casper Smart (25), dan Demi Moore (49) dan Ashton Kutcher (34), meski akhirnya pasangan ini bercerai.

Seperti para selebriti ini, sepertiga dari perempuan Inggris mengakui bahwa mereka tak sungkan mengencani pria-pria "brondong". Namun, mereka sebenarnya tak berniat sekadar having fun. Empat dari 10 perempuan Inggris yang disurvei oleh situs perjodohan PARSHIP mengaku mereka mencari kemesraan, cinta yang bertahan lama, bahkan ingin menikahi kekasih mereka yang jauh lebih muda. Sebanyak 44 persen perempuan menginginkan hubungan yang mapan dan aman, sementara 13 persennya hanya ingin mengawali hubungan yang baru setelah putus hubungan dari kekasih masa lalu.

Jajak pendapat yang melibatkan 4.500 perempuan lajang ini menunjukkan bahwa perempuan di usia 40 dan 50-an mengincar pria yang lebih muda lima tahun atau lebih. Pada tahun 2005, riset sejenis mengungkapkan, hanya 8 persen perempuan yang mau mempertimbangkan pria yang lebih muda sebagai pasangan.

Dari survei PARSHIP, terungkap bahwa perempuan usia 40-an (sekitar 20 persen dari 6 juta lajang yang mengunjungi situs ini tiap bulan) rupanya terpikat dengan para pria muda. Sedangkan 18 persen pria lajang di bawah usia 40 tahun mengatakan bahwa secara aktif mereka mencari perempuan yang lebih tua dan menarik.

"Mengencani pria yang jauh lebih muda itu sekarang lebih dapat diterima. Kemungkinan hal ini disebabkan media yang terus melaporkan hubungan selebriti dengan usia yang berjarak, atau cenderung disebabkan pertumbuhan kencan di internet dimana orang menyadari bahwa jika mereka lebih fleksibel dalam kriteria pencarian, termasuk umur, mereka memiliki lebih banyak potensi kecocokan," ujar psikiater dan pakar hubungan Dr Victoria Lukats.

Menurutnya, kencan melalui internet juga mendorong orang untuk berfokus pada apa yang benar-benar penting dalam hubungan. Bagi banyak perempuan, prioritas mereka adalah menemukan pasangan tanpa tergantung pada usianya. Dan, bukan hanya perempuan usia 40-an yang tertarik mengencani pria yang lebih muda. Perempuan usia 30-an yang semula mencari pria yang lebih tua untuk dinikahi pun, kini dapat menerima tren baru ini.

Berikut adalah data lengkap hasil survei PARSHIP:
Usia          Perempuan yang mau mengencani pria yang lebih muda
 20-an                                      2 persen
 30-an                                     17 persen
 40-an                                     31 persen
 50-an                                     38 persen
 60-an                                     36 persen

Usia            Pria yang ingin mengencani wanita yang lebih tua
 20-an                                     20 persen
 30-an                                     22 persen
 40-an                                     13 persen
 50-an                                     13 persen
 60-an                                      8 persen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com