Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puteri Indonesia: Kulit Sehat Berkat Dirawat Sejak Remaja

Kompas.com - 05/05/2012, 17:08 WIB

KOMPAS.com - Bagi Lizza Elly Purnamasari (21), Puteri Indonesia Lingkungan 2011, kulit cantik adalah kulit sehat yang terawat. "Kalau kulit dirawat secara rutin hasilnya jauh lebih cantik dan bersinar," tuturnya saat ditemui Kompas Female seusai temu pelanggan Alfamart-Alfamidi bersama Mustika Ratu di Menteng, Jakarta, Jumat (4/5/2012) lalu.

Lizza mengaku mengenal perawatan wajah sejak usia 12. Perawatan wajah menggunakan susu pembersih, toner, pelembab, dan bedak tabur sudah dilakukannya jelang remaja. Di usia 13, Lizza juga mulai mengenal make-up karena aktivitasnya mengikuti ajang pemilihan model untuk remaja. Tak pelak, pembersihan wajah pun menjadi keharusan dan kebiasaannya untuk mendapatkan kulit sehat.

Menurutnya, perawatan kulit semestinya memang dimulai sejak dini. Termasuk untuk remaja yang memiliki aktivitas tinggi, terutama di luar ruang. "Produk perawatan tubuh dari bayi juga tersedia, artinya kulit memang perlu dirawat sesuai kebutuhan dan usia. Produk perawatan kulit juga harus dibedakan, remaja berbeda kebutuhannya dengan dewasa," ungkapnya.

Perempuan yang menggemari olahraga dan aktivitas outdoor seperti karate, renang, wushu dan aktif dalam kegiatan pramuka saat remaja ini juga pernah memiliki masalah kulit. "Saya pernah jerawatan saat remaja, sekitar SMA kelas 1-3. Selain rajin merawat kebersihan kulit, menurut saya perawatan mujarab itu dari dalam dengan jamu-jamuan," katanya mengungkapkan caranya mengatasi jerawat.

Lizza mengaku lebih percaya dengan jamu dibandingkan obat-obatan kimia untuk mengatasi masalah kulit termasuk jerawat. Agar kulit sehat, Lizza mengatakan istirahat juga penting diperhatikan. Tidur cukup ditambah olahraga rutin juga dapat membuat kulit lebih cerah.

"Olahraga dan istirahat cukup juga bisa membuat kulit lebih cerah dan sehat," tutur Lizza yang rutin ke gym lima kali seminggu dan selalu menyempatkan istirahat jika ada waktu kosong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com