Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makanan yang Memperbesar Peluang Kehamilan

Kompas.com - 08/05/2012, 19:46 WIB

T:
Saya sudah 1,5 tahun menikah, tetapi belum dikaruniai anak. Setelah cek ke dokter, ternyata saya mempunyai masalah gangguan hormonal, yang berpengaruh terhadap kesuburan. Makanan apa saja yang bagus untuk kesuburan, Dok? Terima kasih. (Rini Novitasari, 22)    

J:
Terima kasih kembali Rini,
Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesuburan, antara lain:

Diet
* Gunakan lebih banyak minyak tidak jenuh seperti PUFA (omega 3 dan 6) serta MUFA (omega 9). Asam lemak tak jenuh banyak terdapat pada kacang-kacangan, minyak tumbuhan, biji-bijian, dan ikan laut dalam seperti sarden atau salmon. Lemak tak jenuh bekerja meningkatkan kesuburan dengan memperbaiki sensitivitas tubuh terhadap insulin, dan mengurangi reaksi inflamasi yang terjadi.
* Hindari penggunaan lemak trans yang banyak ditemukan pada makanan yang diproses industri seperti margarin, minyak yang dipanaskan, junk food, krim, dan lain sebagainya. Lemak trans akan menyebabkan terjadinya sumbatan pada pembuluh darah yang akan mengganggu kesuburan.
* Gunakan protein nabati setiap kali makan seperti tahu, tempe, kacang, dan lain-lain. Protein nabati, terutama produk kedelai, kaya akan fitoestrogen yang membantu meningkatkan kesuburan.
* Konsumsi karbohidrat sesuai kebutuhan, jangan berlebihan, dan pilihlah jenis karbohidrat kompleks yang kaya akan serat seperti sereal, biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan. Kesemuanya akan memperbaiki kesuburan dengan mengendalikan kadar gula darah dan insulin.
* Konsumsi cukup vitamin (seperti asam folat yang banyak terdapat pada sayuran berwarna hijau, biji-bijian, kuning telur, hati, ginjal, dan buah), cukup mineral (zinc banyak pada seafood), serta antioksidan (selenium, vitamin E, C, dan A) dalam makanan sehari-hari yang dapat diperoleh dari sayuran dan buah-buahan.
* Pilihlah air putih sebagai minuman sebagai pengganti minuman bersoda yang kaya gula, atau minuman yang kaya kafein seperti kopi, coklat, teh, dan soda.

Pertahankan berat badan dalam batas normal dengan indeks massa tubuh antara 18,5-22,9 kg/m2. Berat badan yang berlebihan atau terlalu kurus akan mempengaruhi kesuburan juga. Melakukan olahraga atau aktivitas fisik secara teratur akan memperbaiki kesuburan. Namun jangan melakukan olahraga secara berlebihan, karena akan mempengaruhi masa ovulasi.

Hentikan kebiasaan merokok karena rokok dapat menyebabkan berkurangnya kesuburan. Selalu berkonsultasi dengan dokter yang merawat Anda, dan jangan lupa berdoa!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com