Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raba Kebohongan Pria dari Bahasa Tubuhnya

Kompas.com - 09/05/2012, 16:54 WIB

KOMPAS.com - Anda merasa ada sesuatu yang aneh dengan si dia. Anda merasa dia berbohong, tetapi tak dapat membuktikannya. Bagaimana cara mengetahuinya?

Mudah saja, kenali bahasa tubuhnya. Pada beberapa kondisi, kebohongan pria lebih mudah "terbaca" melalui bahasa tubuhnya. Ketika seorang pria sedang mencoba untuk menghindari sesuatu, gerakannya yang spontan akan mudah terbaca. Coba kenali beberapa bahasa tubuh pria yang tanpa sadar mereka tampilkan ketika sedang berbohong.

1. Meletakkan pergelangan kaki di sekitar kaki kursi
Ketika sedang berbohong, sebenarnya semua orang akan merasa stres. "Ketika mereka berbohong, tubuh mereka akan tegang. Akibatnya, sikap mereka akan lebih kaku," ungkap Janine Driver, pakar body language. Kekakuan tubuh ini merupakan tanda dari alam bawah sadar mereka untuk menahan diri dan menutupi kebohongannya. Akibatnya, secara fisik mereka akan berjuang untuk menahan diri pada kebohongannya, salah satunya dengan meletakkan dan menekan pergelangan kaki mereka di kaki kursi.

2. Tiba-tiba meletakkan tangannya di saku
"Telapak tangan yang terbuka menjadi lambang kenyamanan dan keterbukaan. Jadi ketika mereka berbohong, secara naluriah mereka merasa perlu untuk menyembunyikan telapak tangannya," ungkap Patti Wood, penulis buku Success Signals: A Guide to Reading Body Language.

Selain menutup kedua belah telapak tangan, tanda kebohongan lain adalah mereka cenderung menyembunyikan tangan di belakang punggungnya. Mereka juga terlihat gelisah dan selalu mencari objek lain untuk pengalih perhatiannya, seperti membuka-buka telepon genggamnya.

3. Mengangkat salah satu atau kedua bahu
"Hati-hatilah ketika si dia melakukan hal ini sambil menjawab pertanyaan definitif seperti 'Aku tidak selingkuh'," ungkap Janine. Mengangkat bahu adalah caranya untuk memperkuat kebohongan. Mereka biasanya tidak menyadari gerakan ini, karena gerakan ini muncul dari alam bawah sadarnya, dan dilakukan untuk mengurangi rasa bersalah mereka.

4. Menggosok hidung dengan jari telunjuk

"Tanda ini biasanya ditunjukkan oleh pria yang tidak biasa berbohong, sehingga gerakan ini menunjukkan penyesalan mereka," ungkap Patti. Pria yang tak biasa berbohong akan menyentuh wajahnya setelah mengucapkan kebohongan, dan berusaha untuk menyembunyikan mulutnya. Hal ini terjadi secara refleks, seolah-olah mereka tidak percaya dengan apa yang baru saja diucapkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com