Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumsi Jambu Biji Bikin Kulit Mulus

Kompas.com - 10/05/2012, 16:29 WIB

KOMPAS.com - Selain untuk menjaga kesehatan, buah ternyata memiliki banyak manfaat lain, antara lain untuk membantu menurunkan berat badan dan menghasilkan kulit yang mulus. "Kandungan bahan aktif di dalam buah, seperti vitamin dan antioksidannya, membantu tubuh untuk proses regenerasi kulit dan menjaga keindahannya," ungkap pakar nutrisi Emilia Achmadi, ND, kepada Kompas Female, saat talkshow Buavita di Marley Restaurant, SCBD, Jakarta, Rabu (9/5/2012) lalu.

Salah satu buah yang memiliki manfaat untuk kesehatan kulit adalah jambu biji. Menurut penelitian, mengonsumsi jambu biji secara teratur akan membantu menghaluskan kulit dan menjadikannya awet muda. Hal ini disebabkan jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Jumlahnya empat kali lebih banyak daripada satu buah jeruk, dan 10 kali lebih banyak mengandung vitamin A daripada satu buah lemon.

Seperti diketahui, vitamin C membantu proses peremajaan kulit, sehingga kulit menjadi lebih halus dan cerah. Hal ini disebabkan vitamin C meningkatkan produksi kolagen di lapisan kulit, sehingga membuat kulit menjadi lebih kenyal. Vitamin C juga membantu memperbaiki tekstur dan struktur kulit yang rusak, sehingga kulit bisa teregenerasi dengan baik.

Sementara itu, kandungan vitamin E yang bersifat antioksidan dalam jambu biji ini akan bekerja sama dengan vitamin C untuk menjaga kesehatan kulit. "Kandungan antioksidan di dalam buahnya bisa membantu mempertahankan struktur kulit agar tak termutasi akibat paparan sinar UV, dan menghindarkan kulit dari radikal bebas yang dialami setiap hari," tukas Emilia.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari jambu biji, sebaiknya konsumsi jambu biji ini minimal dua buah per harinya, baik dalam bentuk buah potong ataupun dijus. Ketika memilih untuk dijus, blender buah jambu berikut biji dan kulitnya, baru kemudian disaring.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com