Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Ibu Hamil Tetap Fit Bekerja

Kompas.com - 11/05/2012, 09:33 WIB

KOMPAS.com - Berbadan dua tidak identik dengan berbaring seharian di ranjang. Kecuali tentu bila itu memang disarankan oleh dokter karena sebab-sebab tertentu. Namun bila kehamilan ibu sehat-sehat saja, justru bumil tetap dianjurkan beraktivitas.

Bagi bumil yang bekerja, Anda tetap boleh beraktivitas seperti biasa. Namun ada trik tertentu yang bisa bumil lakukan agar tetap fit beraktivitas, seperti saran dari dr Cindy, SpOG, K FER dari RS Royal Trauma Jakarta, berikut ini:

1. Jangan lewatkan sarapan.
Sebelum bergegas ke tempat kerja, sempatkan untuk sarapan. Pastikan menu yang disantap bernilai gizi baik. Selain penting untuk bumil dan janin, sarapan juga menyuplai energi bagi tubuh agar bersiap menghadapi segala aktivitas sepanjang hari.

2. Jangan lupa camilan.
Bawalah camilan untuk bekal di perjalanan dan di tempat kerja di siang dan sore hari. Pilih camilan yang menyehatkan. Misal buah-buahan seperti jeruk, selain merupakan camilan sehat, jeruk dapat mengusir rasa mual yang umumnya tengah menimpa ibu hamil muda. Penting minum air putih minimal delapan gelas per hari agar terhindar dari dehidrasi. Untuk itu tak ada salahnya menyediakan selalu makanan kecil dan minuman di meja kerja.

3. Perhatikan asupan gizi.
Sesibuk apa pun usahakan makan tepat waktu termasuk makan siang. Untuk memenuhi menu bergizi, Anda bisa membelinya di kantin atau warung yang terjaga kebersihannya. Tentu lebih baik membawa bekal dengan kandungan gizi lengkap dari rumah.

Beberapa makanan yang perlu dihindari dan dibatasi adalah makanan yang terlalu pedas (karena dikhawatirkan menyebabkan diare), makanan tinggi kalori rendah gizi (seperti gorengan), makanan pemicu gula darah tinggi (seperti makanan manis dan berlemak) dan makanan tinggi kolesterol.

4. Kenakan pakaian yang nyaman.
Pilih pakaian bekerja yang nyaman. Busana dengan bahan katun yang dapat menyerap keringat amat disarankan. Soal model busana, tentu sesuaikan dengan selera, yang paling penting model pakaian itu tidak terlalu sempit sehingga menekan perut dan membuat ibu hamil tidak nyaman.

Untuk alas kaki hindari high heels karena bisa menyebabkan otot meregang di sekitar punggung dan pinggang. Selain juga sepatu hak tinggi dapat mengganggu keseimbangan tubuh. Idealnya, sepatu atau sandal ibu hamil hanya memiliki hak tipis dan tidak licin.

5. Atur suhu ruangan.
Bila Anda dapat mengatur suhu ruangan kerja, aturlah AC sekitar 25-26 derajat Celcius. Namun bila ruangan diatur AC sentral sekitar 25-26 derajat Celcius. Namun bila ruangan diatur AC sentral dan suhu tersebut terlalu dingin bagi Anda, siasati dengan membawa baju hangat. Perlu diketahui, suhu ruangan yang terlalu dingin selain membuat bumil jadi lebih sering bolak balik ke toilet, juga bisa menyebabkan pusing, pegal atau kaku di bagian leher dan wajah.

6. Duduk nyaman.

Atur posisi kursi sedemikian rupa (tidak terlalu tinggi atau rendah ketimbang meja), sehingga bumil tetap merasa nyaman kala bekerja di depan komputer. Duduklah dengan tegak, bila perlu ganjal bagian punggun dengan bantal kecil. Usahakan telapak kaki tidak menggantung, tapi menapak lantai dengan posisi tungkai kaki tegak lurus.

Sesekali selonjorkan kedua kaki atau tempatkan bangku kecil sebagai tempat berpijak agar bumil terhindar dari pelebaran pembuluh darah di kaki ataupun kram. Jika aktivitas bumil mengharuskan banyak berdiri, usahakan diselingi dengan berjalan. Cara ini selain dapat mengusir rasa pegal juga dapat menghindari terjadinya pelebaran pembuluh darah balik (varises). Begitu ada waktu segeralah duduk dan angkat kaki secara lurus. Gunakan kursi tambahan sebagai ganjalannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com