Jumat, 31 Oktober 2014
Memilih Menu Praktis Saat Piknik
Selasa, 15 Mei 2012 | 16:06 WIB
|
Share:
shutterstock

Pilih aneka makanan yang simpel dan tahan lama saat piknik

KOMPAS.com - Long weekend akan menyambut Anda, sudahkah Anda memiliki rencana untuk menghabiskan liburan bersama dengan keluarga? Jika belum, piknik bisa jadi salah satu pilihan untuk menghabiskan liburan. Lokasinya tak harus jauh dari pusat kota, yang penting Anda bisa menikmati suasana yang berbeda.

Menyiapkan makanan menjadi salah satu hal yang tak boleh terlupakan saat piknik. Jika biasanya Anda membeli makanan di tempat tujuan, kali ini coba bawa sendiri makanan dari rumah. Pilih beberapa makanan yang simpel dan tahan lama. Makanan yang terlalu ribet, akan membuat Anda butuh waktu lama untuk menyiapkannya. Berikut beberapa tips menyiapkan bekal piknik Anda.

1. Hindari makanan berkuah
Soto ayam atau sup merah buatan Anda memang menjadi favorit seluruh keluarga. Apalagi, masih ada sisa sup merah dari acara arisan kemarin. Meskipun begitu, masakan berkuah sebaiknya tidak dijadikan pilihan untuk piknik. Bayangkan repotnya ketika Anda harus membungkusnya, dan memastikan plastik atau pancinya tidak tumpah di mobil. Ketika tiba waktunya makan, mengeluarkan hidangan berkuah ini juga butuh effort tersendiri. Belum lagi ketika anak-anak membuat kuahnya tercecer di tikar atau di pakaian mereka. Tikar atau karpet menjadi lengket dan harus dibersihkan.

2. Buat variasi roti isi
Saat piknik, roti isi menjadi salah satu makanan yang banyak jadi pilihan karena praktis. Namun, roti dengan isi yang itu-itu saja bisa membuat anak-anak menjadi mudah bosan. "Sayuran di dalam sandwich tak jarang membasahi roti sehingga ketika sandwich-nya dimakan setelah beberapa lama, rasanya menjadi kurang enak," tukas Grace Parisi, penata resep senior dari majalah Food and Wine.

Sebagai alternatif, coba kreasikan banyak makanan lain selain roti isi. Salad roti, misalnya, bisa jadi pilihan yang sempurna untuk piknik. Grace menyarankan untuk mencampur semua potongan roti panggang, daging, keju, sayuran, atau tuna. Dengan bahan makanan yang sama, Anda bisa menciptakan kreasi menu sehat yang tak kalah nikmat dan praktis.

3. Buat menu yang lebih "ramah lingkungan"

Ketika piknik dan membawa makanan dalam jumlah yang banyak, Anda malah menjadi repot karena harus membersihkan sampah-sampah sisa makanan. Sebaiknya, pikirkan beberapa menu yang ramah lingkungan agar tak mengotori lingkungan tempat piknik.

Misalnya, agar lebih simpel sebaiknya tak perlu membawa ayam goreng. Gina Mungiovi, asisten dapur uji Food and Wine, merekomendasikan untuk membawa daging ayam olahan atau nugget. "Jika mau, Anda bisa membuatnya sendiri ataupun membelinya dalam bentuk beku," tukasnya. Dengan membawa nugget, Anda bahkan tak perlu untuk berpikir membuang tulang-tulang ayamnya.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Penulis :
Christina Andhika Setyanti
Editor :
Dini
BERITA LAIN: