Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajak Perempuan Berani Berwirausaha

Kompas.com - 02/06/2012, 16:09 WIB

KOMPAS.com - Memasuki tahun kedua, Sekar Womenpreneur Awards (SWOMA) yang diadakan majalah wanita Sekar, kembali mengajak perempuan untuk aktif menggali potensi dan memberanikan diri berwirausaha.

SWOMA tak hanya mencari perempuan berwirausaha yang berpotensi untuk meraih penghargaan tahunan. Namun juga membekali perempuan yang berminat berwirausaha atau bahkan sebatas punya ide bisnis yang unik, melalui rangkaian kegiatan talkshow.

Mengangkat tema Merintis Bisnis dengan Modal Rp 0, Sekar menggelar talkshow di tiga kota, menantang perempuan untuk kreatif menemukan ide bisnis dan konsisten menjalani bisnis dengan cara lebih terencana.

"Talkshow dengan tema yang sama dilakukan di beberapa kota sebagai bagian dari rangkaian SWOMA. Talkshow pertama berlangsung di Surabaya sekaligus pembukaan SWOMA, lalu Jakarta dan berikutnya di Yogyakarta," jelas Brilyantini, Pemimpin Redaksi Majalah Sekar, kepada Kompas Female di sela talkshow bagian dari kegiatan International Franchise License & Business Concept Expo & Conference (IFRA) 2012, yang berlangsung di ruang Cendrawasih Jakarta Convention Center, Sabtu (2/6/2012).

Talkshow wirausaha ini menjadi ajang berbagi pengalaman perempuan pebisnis, sekaligus juga memberikan kesempatan kepada perempuan untuk mendaftarkan diri berpartisipasi dalam SWOMA 2012, secara langsung.

"SWOMA mencari perempuan usia 25-45, yang memiliki ide usaha juga telah menjalankan usaha sebagai pemula. Nantinya tim juri akan memilih 10 finalis yang akan mempresentasikan usaha mereka, dan dipilih tiga pemenang, yakni pemenang kategori ide usaha, pemenang untuk ketegori usaha pemula dan satu pemenang Most Promising Winner," jelasnya.

Para juri yang terdiri dari pakar UKM, keuangan, juga psikolog akan memilih perempuan yang memenuhi kriteria sebagai wirausahawan dan layak mendapatkan penghargaan, juga mampu menginspirasi. Pemenang SWOMA berhak mendapatkan uang tunai puluhan juta rupiah, piala tetap dan pendampingan usaha oleh pakar selama enam bulan.

Bagi Anda yang berminat namun tak sempat mengikuti talkshow SWOMA, pendaftaran juga bisa dilakukan melalui website www.majalahsekar.com. Pendaftaran SWOMA ditutup pada 21 Agustus 2012.

Pada kegiatan talkshow wirausaha SWOMA di Jakarta ini, perempuan menunjukkan antusiasme tinggi dalam menggali pengetahuan berwirausaha juga menambah wawasannya. Talkshow yang menargetkan 75 peserta ini diikuti 100 peserta yang tak membuang kesempatan untuk berdiskusi bersama pakar. Antusiasme yang tinggi juga didapati saat SWOMA berkunjung ke Surabaya. Brilyantini mengatakan, peserta talkshow wirausaha SWOMA di Surabaya mencapai 150 orang.

Talkshow wirausaha SWOMA menghadirkan Wulan Ayodya, pakar UKMku dan dosen wirausaha juga Mike Rini Sutikno, perencana keuangan. Keduanya tak hanya membagi pengalaman berwirausaha, namun juga memberikan kiat sukses berbisnis untuk perempuan.

Bagi Mike, kegiatan talkshow semacam ini dapat menjadi wadah bagi perempuan berwirausaha untuk menemukan mentor yang tepat. "Mentor penting terutama bagi yang baru memulai usaha. Untuk mendapatkan mentor bisa dengan banyak cara, bisa dari teman-teman yang sudah sukses berbisnis atau melalui talkshow. Kegiatan talkshow memudahkan seseorang mendapatkan mentor yang tidak pelit berbagi ilmu," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com