Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masturbasi Perawan

Kompas.com - 04/06/2012, 10:27 WIB

TANYA :

Prof, saya perempuan single. Pertama kali saya melakukan hubungan intim dengan pacar saya, tidak berhasil karena tiba-tiba saya merasa takut . Tetapi karena merasa tanggung akhirnya jari pacar saya yang masuk ke dalam organ intim sampai saya orgasme. Sejak saat itu, saya jadi ketagihan. Kadang dengan jari saya sendiri . Pertanyaannya : Apakah dengan cara itu saya akan mengalami risiko atau bahaya kesehatan? Apakah saya juga berisiko tidak perawan lagi? Apakah kebiasaan saya ini termasuk gangguan seks? Saya mohon jawaban dari dokter. Terima kasih. 

(Ryanti, 38 Solo)

 

JAWAB :

Masturbasi yang Anda lakukan tidak berbahaya bagi kesehatan, apalagi hanya menggunakan jari. Kebiasaan melakukan masturbasi, apalagi bagi yang belum menikah atau belum mempunyai pasangan seksual, bukanlah suatu gangguan seksual.

Perilaku seksual ini wajar dan umum dilakukan, baik oleh pria atau pun perempuan. Mengenai istilah perawan, ini berarti orang yang belum pernah melakukan hubungan seksual. Dalam pengertian ini, tidak termasuk masturbasi. Jadi karena Anda belum pernah melakukan hubungan seksual, berarti Anda masih perawan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com