Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajak Ibu Aktif Berbagi Ilmu "Parenting"

Kompas.com - 05/06/2012, 15:31 WIB

KOMPAS.com - Peran pengasuhan anak semestinya menjadi tanggung jawab bersama, ayah, ibu bahkan anggota keluarga lainnya. Namun, ibu biasanya memegang peranan dominan. Karenanya, ibu membutuhkan dukungan agar bisa mendidik, mengasuh, merawat anak dengan pola asuh yang tepat.

Guna mengedukasi kaum ibu, Nestle Dancow memfasilitasi melalui program Dancow Parenting Center. Program pelatihan pola asuh untuk orangtua demi menghasilkan generasi yang lebih tangguh ini, telah bertransformasi sejak 2004.

Pritha, Category Marketing Manager Dancow Growing-up Milk menjelaskan, pada awalnya, program edukasi pola asuh untuk orangtua ini berupa Dancow Parenting Service. Kemudian, berdiri Rumah Dancow Parenting Center sebagai tempat pembelajaran anak dan orangtua yang mendukung tumbuh kembang si kecil, dengan pendampingan sejumlah psikolog.

Mulai 2012, Nestle Dancow menggagas program baru yang lebih dinamis untuk menjangkau kaum ibu di berbagai tempat. Mengangkat tema besar Life Ready Generation dan Life Ready Parents, DPC mengembangkan program menyasar dan mendorong kaum ibu untuk lebih aktif mengasah keterampilan dalam pengasuhan anak.

Yakni, merancang modul pelatihan parenting melibatkan dokter spesialis anak, dokter spesialis kandungan, psikolog, hingga perencana keuangan keluarga. Serta mencari Duta DPC yang bertugas menyebarluaskan pesan penting yang tertuang terinci dalam modul tersebut.

"Program DPC 2012 ini berlangsung di lima kota sebagai tahap awal. Semoga tahun depan bisa merambah ke kota lainnya," tutur Pritha seusai jumpa pers di Hotel Kempinski Jakarta, Selasa (5/6/2012).

Duta DPC

Mulai Juni hingga Agustus 2012, Nestle Dancow mencari ibu muda usia 25-35, dengan putra atau putri berusia 1-12 tahun untuk ikut serta dalam kegiatan Duta DPC.

Persyaratan lain yang juga harus dipenuhi adalah pendidikan minimum D3 dan memiliki komunitas dari skala kecil seperti arisan. Jika memiliki kemampuan public speaking, ini akan memberikan nilai tambah.

Duta DPC bukan sekadar ajang pemilihan untuk para ibu muda. Nestle Dancow menyasar perempuan yang memiliki minat dan kemampuan untuk berbagi pengetahuan, bukan hanya kepada keluarga namun juga komunitas. Tujuannya, agar semakin banyak ibu teredukasi mengenai pola asuh yang tepat, sesuai modul pelatihan parenting yang telah dirancang para pakar.

Pritha menjelaskan, program Duta DPC berlangsung di Jabodetabek, Surabaya, Makassar, Medan dan akan memilih 200 Duta DPC dari masing-masing kota. Nantinya, 200 ibu ini berkesempatan mengikuti dua hari training parenting di setiap kota, bersama para pakar seperti dokter gizi medik, DR Dr Saptawati Bardosono, MSc, psikolog Dra Ratih Andjayani Ibrahim, MM dan sejumlah pakar lainnya.

"Setelah training, nanti akan terpilih 30 finalis untuk didatangkan ke Jakarta. Pada 22 Desember 2012, akan dipilih enam pemenang Duta DPC," jelasnya.

Pemenang Duta DPC adalah kaum ibu yang terbukti berhasil menyebarkan informasi parenting melalui kegiatan sharing di komunitas.

"Sejauhmana Duta DPC memaparkan berbagai materi yang terdapat dalam modul, termasuk jumlah anggota komunitas yang terpapar olehnya, menentukan keberhasilan proses sharing dan pemilihan duta ini. Jadi strategi ibu dalam menyampaikan isi modul pelatihan parenting turut menentukan," ungkap Pritha menambahkan, program training dan sharing ini berlangsung sepanjang September-Oktober 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com