Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kehilangan "Passion" dalam Bekerja

Kompas.com - 06/06/2012, 16:07 WIB

T:
Salam kenal, nama saya Chris, 26, karyawan swasta. Belakangan saya merasa kurang menikmati pekerjaan saya. Saya kok merasa tidak memiliki passion lagi untuk menjalaninya, padahal ini bukan pertama kalinya saya menjalani pekerjaan di bidang yang sama. Sebelumnya saya juga menjalani pekerjaan yang sama di perusahaan berbeda. Bagi saya, bekerja di bidang yang saat ini saya geluti sangat menantang, dan pada awalnya saya merasa bisa menjalaninya. Tapi setelah 8 bulan bekerja di perusahaan baru yang cukup besar ini, saya kok seperti kehilangan passion? Saya merasa tidak mampu menjalaninya dan tidak bersemangat bekerja. Saya ingin meminta pencerahan dari ibu, apa yang harus saya lakukan untuk menemukan kembali passion saya, agar saya lebih bisa menikmati pekerjaan yang saya pilih dan jalani ini? Terima kasih. (Christina, Bekasi)

J:
Mbak Chris yang budiman,
Bekerja dengan passion adalah dambaan setiap orang, termasuk Anda dan saya tentunya.

Mengapa setiap diri kita perlu memiliki passion khususnya dengan pekerjaan kita? Karena passion memiliki kekuatan yang luar biasa. Karena passion, diri kita bekerja penuh semangat dan terus berusaha melakukan yang terbaik dari diri kita.

Pertanyaannya, jika di perusahaan sebelumnya Anda merasa bekerja dengan penuh passion, mengapa di perusahaan yang sekarang ini Anda justru kehilangan passion? Hem, sebuah pertanyaan yang menarik untuk kita jawab bersama tentunya.

Untuk menemukan jawabannya, izinkan saya bertanya kepada Anda dan cukup dijawab di dalam hati:
- Ketika Anda pindah ke perusahaan baru yang cukup besar ini, apa sebenarnya harapan Anda?
- Adakah hal-hal yang sebenarnya Anda ingin lakukan di perusahaan ini, tetapi Anda merasa belum dapat melakukannya? Mengapa?

Kejujuran Anda menjawab pertanyaan tersebut diatas, tentu sangat membantu diri Anda sendiri dalam menemukan jawabannya, mengapa passion Anda saat ini menghilang.

Tahukah Anda, apa penyebab passion Anda menghilang? Salah satu penyebabnya adalah kekecewaan diri Anda, ketika apa yang Anda harapkan belum Anda temukan di perusahaan ini. Tugas Andalah untuk menemukannya, dengan cara mewujudkannyaí.

Apalagi yang perlu Anda lakukan? Mengingat kembali hal-hal yang Anda lakukan selama di perusahaan baru ini, yang sebelumnya justru belum pernah Anda lakukan. Bayangkan manfaatnya, yang telah Anda berikan kepada banyak orang. Lalu syukurilah! Ucapkan puji syukur dengan sepenuh hati.

Setelah itu tanya kembali diri Anda, "Apalagi yang dapat aku lakukan agar karyaku memberi manfaat yang luar biasa kepada banyak orang?" Tanpa Anda sadari, passion Anda yang telah menghilang selama ini akan tumbuh kembali bahkan semakin meningkat. Anda tahu mengapa? Karena Anda mampu menghadapi kekecewaan Anda dengan tindakan nyata yang bijak dan bermanfaat.

Selamat bertemu kembali dengan passion Anda ya! 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com